Minggu, 21 Mar 2021 23:06 WIB

3 Alasan Tak Perlu Buru-buru Pakai Celana Sehabis Bercinta

Ardela Nabila - detikHealth
Cropped image of beautiful young woman sitting on toilet. Her panties is hanging on her legs Tak perlu buru-buru pakai celana sehabis bercinta (Foto: istock)
Jakarta -

Usai berhubungan intim, wanita disarankan untuk tidak langsung mengenakan celana dalamnya, lho. Ternyata, hal ini dilakukan untuk menjaga kesehatan vagina wanita.

Langsung memakai celana dalam setelah berhubungan seks dapat membuat vagina menjadi kesulitan bernapas. Di sisi lain, membiarkan vagina bernapas usai sesi bercinta dapat mencegah terjadinya infeksi pada vagina, seperti infeksi jamur.

Pada wanita yang sudah memasuki masa menopause, Miss V akan lebih mudah kering, terasa gatal, iritasi, dan terkena infeksi. Dengan tidak langsung memakai celana dalam usai bercinta, maka risiko-risiko tersebut akan dapat dihindari.

Selain menghindari langsung memakai celana dalam, terdapat sejumlah hal lainnya yang harus dihindari pasca berhubungan seks dengan pasangan, lho. Dikutip dari laman Times of India, berikut hal-hal yang sebaiknya dilakukan setelah bercinta.

1. Buang air kecil

Jangan langsung tidur, kamu disarankan untuk langsung bergegas ke kamar mandi untuk membuang air kecil usai bercinta. Meski tak merasa ingin buang air kecil, kamu tetap harus melakukannya untuk mengosongkan kandung kemih. Buang air kecil penting dilakukan agar kamu terhindar dari bakteri yang dapat menginfeksi uretra.

2. Keringkan vagina

Usai bercinta, vagina tentunya akan menjadi lembap. Hal lain yang wajib dilakukan adalah mengelap vagina dengan perlahan hingga kering dan bersih kembali. Kamu bisa menggunakan handuk atau tisu toilet untuk membersihkan area Miss V. Agar terasa lebih bersih, kamu juga bisa membasuhnya dengan air bersih.

3. Periksa Miss V

Selain hal-hal yang telah disebutkan di atas, kamu juga harus memeriksa kesehatan vagina. Jika terdapat tanda-tanda yang membuat rasa tidak nyaman setelah bercinta, kamu disarankan untuk segara mendatangi dokter ginekologi untuk menjalankan pemeriksaan lebih lanjut.

Sebab, menjaga kesehatan dan kebersihan vagina merupakan hal yang sangat penting guna menghindari terjadinya berbagai penyakit, seperti infeksi jamur dan infeksi saluran kemih. Sehingga, jika kamu merasa tidak nyaman, vagina mengeluarkan bau tak sedap, gatal atau terasa perih, maka sebaiknya jangan dihiraukan dan langsung melakukan pemeriksaan.



Simak Video "Pentingnya Pendidikan Seksual Sejak Dini untuk Cegah Pelecehan"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)