Minggu, 11 Apr 2021 20:05 WIB

Tumbuh Rambut di Sekitar Puting Payudara, Normalkah? Ini Faktanya

Ardela Nabila - detikHealth
razor, bar of sudsy soap on shiny wet gray surface. Rambut di puting payudara, normalkah? (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Wanita mungkin menyadari adanya rambut yang tumbuh di sekitar puting payudaranya. Terkadang, hal tersebut membuat beberapa orang kebingungan sekaligus was-was terkait mengapa rambut bisa tumbuh di puting.

Ternyata, memiliki rambut di sekitar puting merupakan hal yang normal dan wajar terjadi, lho. Sama seperti bagian tubuh lainnya, rambut juga bisa saja tumbuh pada payudara. Umumnya, 'rambut puting' ini tumbuh di sekitar areola alias lingkaran di sekitar puting.

"Tumbuh rambut di sekitar puting merupakan hal yang umum terjadi pada wanita," ujar Joshua Zeichner, MD, dokter kulit sekaligus direktur kosmetik dan penelitian klinis dermatologi dari Mount Sinai Medical Center, dikutip dari Self, Minggu (11//4/2021).

Meski umum dialami oleh banyak wanita, belum ada penelitian khusus yang membahas apa fungsi dari rambut yang tumbuh di dekat puting tersebut. Namun, terdapat beberapa faktor yang menyebabkan kenapa rambut bisa tumbuh pada areola.

Sama seperti pada bagian tubuh lainnya, jumlah serta ketebalan rambut yang tumbuh pada payudara juga berbeda-beda pada setiap orang. Beberapa wanita mungkin mengalami pertumbuhan rambut saat mengalami adanya perubahan hormon, seperti saat masa kehamilan.

Menurut Sherry A Ross, MD, ahli kesehatan wanita dan penulis, lonjakan estrogen yang terjadi saat masa kehamilan dapat memperpanjang masa pertumbuhan rambut. Sebagai contoh, wanita hamil akan merasakan rambut di kepala yang lebih cepat bertumbuh panjang dari biasanya. Hal yang sama juga terjadi pada rambut puting.

Dr Ross menjelaskan, apabila rambut yang tumbuh lebih banyak dari biasanya, maka bisa saja menjadi tanda terjadinya PCOS (polycystic ovary syndrome) atau kondisi yang disebabkan oleh meningkatnya hormon pria pada wanita, seperti testosteron.

Akan tetapi, tumbuhnya rambut di sekitar puting bukan semata-mata merupakan tanda seseorang mengalami PCOS. Sebab, biasanya PCOS juga diikuti oleh sejumlah gejala, seperti jerawat yang parah dan siklus menstruasi yang tidak teratur.

Ketika kamu merasa tidak nyaman dengan adanya rambut di payudara, maka tidak masalah jika ingin mencabutnya seperti saat kamu mencabut rambut pada alis. Namun, perlu diingat untuk lebih berhati-hati saat melakukannya karena kulit areola lebih mudah terkena iritasi.



Simak Video "Ladies! Berikut Kriteria Payudara Dikatakan Ideal"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)