Minggu, 09 Mei 2021 21:52 WIB

Perlu Tahu! 5 Kondisi Miss V Ini Menunjukkan Ada Masalah Kesehatan

Yuviniar Ekawati - detikHealth
woman have bladder or uti pain sitting on bed in bedroom after wake up feeling so illness,Healthcare concept Foto: Getty Images/iStockphoto/Jomkwan
Jakarta -

Secara umum tanda bahwa vagina dalam keadaan sehat adalah tidak adanya bagian yang sakit, menimbulkan rasa terbakar, dan gatal-gatal baik dari serviks hingga vulva.

Munculnya bau, cairan, dan rasa gatal pada vagina seringkali tidak menunjukkan masalah yang berarti dan normal. Tetapi ada kondisi pada vagina yang dapat mengganggu aktivitas.

Tanda itu juga bisa menjadi tanda bahwa kondisi kesehatan Anda sedang tidak baik, berikut ini penjelasannya dikutip dari Health.

1. Labia tidak rata atau bergelombang

Benjolan kecil yang ditemukan pada bawah kulit vulva atau vagina bisa jadi merupakan kelenjar yang tersumbat yang disebabkan adanya penumpukkan cairan. Penyumbatan ini dikenal dengan kista, namun bisa larut atau hilang dengan sendirinya.

Tetapi jika kista ini disertai dengan rasa sakit dan terus membesar ukurannya, maka perlu untuk berkonsultasi ke dokter untuk melakukan pengangkatan.

2. Menstruasi tidak teratur

Menstruasi yang tidak teratur dipicu oleh banyak hal seperti penurunan berat badan, olahraga berlebihan, dan stress. Tetapi bisa jadi itu ditimbulkan oleh masalah yang lebih besar seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS). Kondisi ini dapat menyebabkan perempuan sulit hamil.

"Perempuan dengan PCOS tidak berovulasi secara teratur," kata dr Daniel Breitkopf, ketua divisi ginekologi di Mayo Clinic di Rochester, Minnesota. Ia menyarankan jika perempuan terus mengalami telat menstruasi hingga 6-12 bulan, segera periksakan ke dokter.

3. Vagina gatal terus-menerus

Vagina yang terasa gatal hingga ke daerah selangkangan memang umum dialami tiap perempuan khususnya setelah beraktivitas yang membuat banyak keringat keluar seperti berolahraga. Selain karena berolahraga gatal tersebut juga dapat dipicu karena bercukur.

Namun, rasa gatal itu juga dapat terasa sangat kuat dan mengganggu. Kondisi tersebut dapat menunjukkan vaginosis bakteri yaitu ketika bakteri normal pada vagina tidak seimbang, jamur, infeksi, bahkan adanya infeksi menular seksual.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Bukan Tren, Peremajaan Miss V Itu Kebutuhan!"
[Gambas:Video 20detik]