Selasa, 11 Mei 2021 21:00 WIB

5 Tanda pada Vagina Ini Menceritakan Kondisi Kesehatanmu

Yuviniar Ekawati - detikHealth
Young woman in yellow short dress standing with her hands between legs, needs a restroom, isolated for white background. Womens health, gynecology. Foto: iStock
Jakarta -

Secara umum tanda bahwa vagina dalam keadaan sehat adalah tidak adanya bagian yang sakit, menimbulkan rasa terbakar, dan gatal-gatal baik dari serviks hingga vulva.

Meski munculnya bau, cairan, dan rasa gatal pada vagina seringkali tidak menunjukkan masalah yang berarti dan normal, tetapi ada kondisi pada vagina yang dapat mengganggu aktivitas.

Tanda itu juga bisa menjadi tanda bahwa kondisi kesehatan Anda sedang tidak baik, berikut ini penjelasannya dikutip dari Health.

1. Labia tidak rata atau bergelombang

Benjolan kecil yang ditemukan pada bawah kulit vulva atau vagina bisa jadi merupakan kelenjar yang tersumbat yang disebabkan adanya penumpukkan cairan. Penyumbatan ini dikenal dengan kista, namun bisa larut atau hilang dengan sendirinya.

Tetapi jika kista ini disertai dengan rasa sakit dan terus membesar ukurannya, maka perlu untuk berkonsultasi ke dokter untuk melakukan pengangkatan.

2. Menstruasi tidak teratur

Menstruasi yang tidak teratur dipicu oleh banyak hal seperti penurunan berat badan, olahraga berlebihan, dan stress. Tetapi bisa jadi itu ditimbulkan oleh masalah yang lebih besar seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS). Kondisi ini dapat menyebabkan perempuan sulit hamil.

"Perempuan dengan PCOS tidak berovulasi secara teratur," kata dr. Daniel Breitkopf, ketua divisi ginekologi di Mayo Clinic di Rochester, Minnesota. Ia menyarankan jika perempuan terus mengalami telat menstruasi hingga 6-12 bulan, segera periksakan ke dokter.

3. Vagina gatal terus-menerus

Vagina yang terasa gatal hingga ke daerah selangkangan memang umum dialami tiap perempuan khususnya setelah beraktivitas yang membuat banyak keringat keluar seperti berolahraga. Selain karena berolahraga gatal tersebut juga dapat dipicu karena bercukur.

Namun, rasa gatal itu juga dapat terasa sangat kuat dan mengganggu. Kondisi tersebut dapat menunjukkan vaginosis bakteri yaitu ketika bakteri normal pada vagina tidak seimbang, jamur, infeksi, bahkan adanya infeksi menular seksual.

4. Keputihan berubah

Meskipun pada banyak waktu vagina memang mengeluarkan keputihan dan itu merupakan mekanisme vagina yang normal. Tetapi saat itu diikuti rasa yang tidak nyaman dan mengeluarkan bau yang sangat menyengat, ada kemungkinan terdapat masalah pada organ kewanitaan.

Meski pada tiap individu jumlah cairan, warna dan bau tersebut berbeda-beda, tetapi jika perubahan warna hingga mendekati hijau dan bau yang mencolok hal itu bisa saja menunjukkan Anda terkena infeksi menular seksual seperti klamidia dan kencing nanah.

5. Vagina mengeluarkan bau menyengat

Vagina yang berbau sebenarnya hal yang normal, tetapi saat ia mengeluarkan bau yang sangat menyengat, hal itu patut diperhatikan.

"Bisa disebabkan oleh sesuatu yang sederhana seperti mengubah pola makan atau pola makan Anda atau mungkin sesuatu yang lebih rumit, seperti infeksi," kata dr. Michael Cackovic, ob-gyn di Ohio State University Wexner Medical Center.



Simak Video "Nyeri Hebat saat Menstruasi Bisa Mandul? Ini Penjelasan Dokter!"
[Gambas:Video 20detik]
(Yuviniar Ekawati/kna)