Sabtu, 26 Jun 2021 19:00 WIB

Dear Ladies, Ini 5 Cara Aman dan Tepat Mencukur Rambut Kemaluan

Ardela Nabila - detikHealth
razor, bar of sudsy soap on shiny wet gray surface. Ilustrasi rambut kemaluan. (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Rambut kemaluan memang terkadang suka mengurangi kepercayaan diri, terutama saat berhubungan intim. Karenanya, tak jarang wanita yang mencukur habis atau sekadar merapikan bulu kemaluannya.

Cara mencukurnya pun berbagai cara, mulai dari merapikannya, hingga menggunakan wax. Saat memutuskan untuk mencukur rambut kemaluan, pastikan kamu memahami teknik mencukur yang benar untuk mencegah munculnya bintik, luka, dan kondisi lainnya.

Dikutip dari Health, berikut 5 cara untuk mencukur rambut kemaluan yang sebaiknya diterapkan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

1. Rapikan dulu rambut kemaluan

Sebelum mencukur habis rambut kemaluan, ada baiknya kamu merapikan rambut tersebut terlebih dahulu. Sebab, mencukur saat keadaan rambut kemaluan sudah pendek akan memudahkan kamu saat mencukur nantinya.

2. Exfoliate kulit

Melakukan exfoliate kulit sebelum mencukur sebenarnya penting dilakukan. Hanya saja, langkah ini sering kali diabaikan dan tidak diterapkan. Pasalnya, setiap kamu mencukur bulu kemaluan, folikel pada kulit akan terbuka, dengan demikian bakteri akan lebih mudah masuk dan menyebabkan infeksi.

Oleh karenanya, memastikan bahwa area kemaluan sudah bersih dengan cara melakukan exfoliate sebelum dicukur penting. Sebab, cara ini bisa membantu mengangkat sel kulit mati untuk mencegah pertumbuhan rambut ke dalam.

3. Gunakan krim pencukur

Setelah merapikan dan memastikan area kemaluan sudah bersih, aplikasikan krim pencukur. Apabila kamu memiliki kulit yang sensitif, pastikan telah memilih krim yang memang khusus untuk kulit sensitif.

4. Cukur dengan perlahan

Setelah ketiga langkah di atas, baru kamu bisa mulai mencukur rambut kemaluan. Namun, karena rambut kemaluan merupakan rambut paling tebal di tubuh, pastikan kamu menggunakan pisau cukur baru yang masih tajam.

Pastikan kamu melakukan hal ini dengan perlahan untuk mencegah luka pada vagina. Perlu diingat juga untuk menghindari mencukur area dalam vagina. Sebab, area tersebut memiliki kulit yang sensitif.

5. Gunakan pelembap

Setelah mencukur rambut kemaluan tersebut, pastikan kamu menggunakan krim pelembap di area yang telah dicukur habis untuk menghindari terjadinya iritasi.



Simak Video "Muncul Varian Baru Covid-19, Diklaim Mampu Bunuh 1 dari 3 Orang"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)