Minggu, 22 Agu 2021 19:05 WIB

Manfaat Tidur Tanpa Celana Dalam, Bisa Cegah Infeksi Jamur di Vagina

Salwa Aisyah Sheilanabilla - detikHealth
Sejumlah pemilik restoran di Italia gelar aksi unjuk rasa memprotes lockdown Corona. Uniknya para demonstran menggantung celana dalam saat melakukan aksi protes Foto ilustrasi. (Foto ilustrasi: AP Photo/Alessandra Tarantino)
Jakarta -

Bagi sebagian orang, tidur tanpa mengenakan celana dalam mungkin terdengar aneh. Namun, tidur tanpa celana dalam memiliki banyak manfaat, terutama mencegah risiko infeksi jamur.

Sebagian wanita mungkin terbiasa tidur mengenakan celana dalam untuk alasan higienis. Faktanya, tidur tanpa mengenakan celana dalam memiliki banyak manfaat untuk kesehatan vagina.

Hal ini diungkapkan, Alyssa Dweck, seorang ginekolog dari New York. Dalam esainya, ia menjelaskan bahwa saat tidur di malam hari, tidak perlu menggunakan celana dalam setiap saat.

Jika area genital terus-menerus tertutup, terutama dari kain yang tidak menyerap keringat, kelembaban cenderung terkonsentrasi pada satu titik sehingga menciptakan tempat berkembang biak bagi bakteri.

Menurut Dweck, dengan melepas celana dalam saat tidur membuat area di sekitar vagina dapat bernafas dan menjaga kadar pH tetap normal sehingga mengurangi risiko infeksi jamur.

"Hal ini berlaku bahkan untuk wanita yang rentan terhadap infeksi vagina," katanya dikutip dari Live Science.

Manfaat tambahan dari melepaskan celana dalam saat tidur adalah dapat meningkatkan keintiman antara seorang wanita dan pasangannya. Para ahli mengatakan tidur tanpa celana dalam bahkan bisa meningkatkan hubungan dengan pasangan.



Simak Video "Seks Anal dan Risiko Kesehatannya"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)