Senin, 23 Agu 2021 20:58 WIB

Orgasme Juga Bisa Diperpanjang, Ini 5 Tips Mendapatkannya Berulang-ulang

Salwa Aisyah Sheilanabilla - detikHealth
Shot of a couple lying under a blanket with hearts scattered on the bed Foto: Getty Images/PeopleImages
Jakarta -

Sebagian orang mungkin merasa cukup hanya dengan satu kali orgasme. Namun, ada juga yang memuaskan gairah seksualnya dengan orgasme lebih dari sekali.

Dikutip dari Insider, Senin (23/08/2021), dalam survei online sebanyak 70% wanita Inggris mengatakan terkadang mengalami orgasme berkali-kali. Sementara penelitian lain di Sexual Medicine Review pada 2016 menemukan bahwa 10% pria berusia dua puluhan mengalami orgasme berkali-kali dan jumlahnya menurun seiring bertambahnya usia.

Bagi sebagian orang orgasme berkali-kali mungkin mudah untuk dilakukan. Namun, ada pula yang kesulitan mencapai orgasme lebih dari sekali.

Apa yang menyebabkan seseorang sulit orgasme lebih dari sekali?

Penyebabnya adalah periode refraktori. Setelah mengalami orgasme setiap orang mengalami periode refraktori, yaitu tubuh berhenti bergairah dan tidak terangsang secara seksual sehingga kembali ke keadaan normal.

Pada pria, periode refraktori menyebabkan pria tidak bisa terangsang atau memiliki ereksi, setelah berhubungan seks. Begitu juga pada wanita yang mungkin merasa lelah dan kehilangan minat sehingga tidak bisa orgasme lagi.

Jika ingin mencoba orgasme lebih dari satu kali, berikut 5 cara yang direkomendasikan terapis seks untuk orgasme lebih dari sekali:

1. Beri jeda

Terapis sex dari Inggris, Sarah Berry, menjelaskan bahwa seseorang membutuhkan waktu istirahat setelah sekali orgasme.

"Seseorang mungkin perlu berhenti sejenak setelah orgasme, bahkan jika tidak memiliki periode refrakter yang ketat," ungkap Berry.

Misalnya, jika ingin mencapai orgasme kedua atau ketiga di malam hari dan gairah seksual meningkat, tetapi tidak bisa mencapai orgasme, maka beristirahatlah beberapa detik atau menit.

Waktu jeda ini untuk mengistirahatkan dan mengatur ulang kondisi tubuh. Tips yang dapat dilakukan agar tidak kehilangan gairah seksual saat jeda, yaitu berganti posisi, minum air, mengalihkan fokus atau merangsang bagian tubuh lainnya.

2. Menunda orgasme

Menunda orgasme atau disebut "edging" dapat membuat sensasi hubungan seks yang lebih intens hingga mencapai orgasme.

Tips yang dapat dilakukan, yaitu:

  • Menghentikan atau mengurangi rangsangan tepat saat hampir orgasme.
  • Menunggu hingga rasa ingin orgasme mereda.
  • Kemudian mulai meningkatkan stimulasi lagi.

Saat mencapai orgasme setelah menundanya, hal ini dapat mengakibatkan orgasme terus-menerus atau orgasme yang berkepanjangan.

3. Olahraga kegel

Olahraga kegel bermanfaat untuk memperkuat otot-otot dasar panggul dan juga bisa mebantu seseorang mencapai orgasme berkali-kali saat berhubungan seks.

"Otot panggul kita kejang ketika kita orgasme," ujar Berry.

Memperkuat otot-otot dapat membantu mengalami orgasme berkali-kali dan hubungan seks yang lebih intens. Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan olahraga kegel jika ingin mencoba mengalami orgasme lebih dari sekali.

4. Masturbasi

Selain memuaskan hasrat seksual, mengencangkan otot dasar panggul saat masturbasi juga bisa membuat seseorang mengalami orgasme lebih dari sekali saat berhubungan seks.

"Berlatih mengencangkan otot dasar panggul saat masturbasi dapat membantu melatih otot-otot ini untuk beberapa kali orgasme," kata Berry.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Seks Anal dan Risiko Kesehatannya"
[Gambas:Video 20detik]