Kamis, 30 Sep 2021 21:56 WIB

Wajib Tahu! Begini Cara Menyimpan Kondom yang Benar Agar Tak Bocor Alus

Syifa Aulia - detikHealth
Eighteen plus, age limit, sign in neon style. Only for adults. Night bright neon sign, symbol 18 plus. Vector Illustration. Foto: Getty Images/iStockphoto/Soifer
Jakarta -

Kondom adalah alat kontrasepsi yang digunakan untuk berhubungan seksual. Tujuan penggunaan kondom sendiri yaitu untuk mencegah penyakit menular seksual dan kehamilan. Cara menyimpan kondom yang benar wajib diketahui semua orang, terutama pria.

Benda ini telah diuji dengan standar yang ketat. Tetapi jika tidak disimpan atau dibawa dengan cara yang benar, kondom dapat mudah rusak. Ketika rusak, kemungkinan akan terjadi kebocoran pada kondom yang dapat menghilangkan fungsinya.

Lalu, bagaimana cara menyimpan kondom dengan benar?

Dikutip dari Flo, Kamis (30/9/2021), ini saran para ahli:

1. Perhatikan tanggal kedaluwarsa

Kondom memiliki tanggal kedaluwarsa yang tertera pada kemasan. Maka, harus digunakan sebelum tanggal kedaluwarsa itu. Menggunakan kondom kedaluwarsa dapat menghilangkan fungsinya.

2. Simpan pada suhu yang stabil

Paparan sinar matahari langsung ternyata dapat membuat benda ini cepat rusak. Selain harus dijauhkan dari panas, kondom juga tidak boleh disimpan di tempat yang dingin. Lebih baik disimpan pada suhu ruangan yang stabil.

3. Jangan ditindih dengan benda lain

Hindari menyimpan kondom di bawah tumpukan buku atau di dalam dompet dalam waktu yang lama. Benda ini harus disimpan di tempat yang tidak terlalu banyak dipindahkan dan tidak ditekuk.

Rekomendasi tempat untuk menyimpan kondom bisa disimak di halaman berikut.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Seks Anal dan Risiko Kesehatannya"
[Gambas:Video 20detik]