Senin, 04 Okt 2021 20:46 WIB

Bisa Tingkatkan Performa di Ranjang, Ini Cara Latihan Kegel untuk Mr P

Salwa Aisyah Sheilanabilla - detikHealth
Intimate moment of two lovers in shower, sexual desire and passion, relationship. ilustrasi seks Foto: Getty Images/iStockphoto/Motortion
Jakarta -

Tak hanya untuk wanita, latihan kegel juga bisa bermanfaat bagi pria dalam meningkatkan performa bercinta. Dalam artikel ini akan diulas contoh latihan kegel untuk penis.

Manfaat latihan kegel untuk pria secara umum dapat membantu meningkatkan kontrol kandung kemih dan bermanfaat meningkatkan kinerja seksual.

Pada dasarnya, latihan kegel bertujuan untuk menguatkan otot dasar panggul. Memperkuat otot-otot dasar panggul yang mengelilingi dan menopang area intim ini yang kemudian akan membantu penis memperoleh dan mempertahankan ereksi serta mengatasi masalah yang menyebabkan ejakulasi dini.

Banyak faktor yang dapat melemahkan otot dasar panggul, termasuk operasi pengangkatan prostat (prostatektomi radikal), dan kondisi seperti diabetes serta gangguan pada kandung kemih.

Dikutip dari Mayo Clinic, Senin (4/10/2021), berikut contoh latihan kegel untuk penis:

- Temukan otot dasar panggul. Caranya, saat buang air kecil (BAK), tahan sejenak sampai aliran air urin berhenti atau bisa juga dilakukan dengan menahan buang angin. Jika merasakan otot, saat menahan BAK atau buang angin, itulah otot dasar panggul.

- Latihan kegel dilakukan dengan cara mengencangkan otot dasar panggul, kemudian tahan kontraksi selama tiga detik dan kendurkan selama tiga detik. Lakukan beberapa kali. Jika sudah merasa otot semakin kuat, coba untuk melakukannya sambil duduk, berdiri atau berjalan.

- Saat melakukan kegel pastikan agar pengetatan hanya dilakukan pada otot dasar panggul, bukan otot-otot di perut, paha, atau bokong. Jangan menahan napas.

- Lakukan latihan ini selama 3 kali sehari.

Tetap berhati-hati saat melakukan latihan kegel. Segera periksakan ke dokter atau penyedia layanan kesehatan jika mengalami cedera atau gangguan kesehatan lainnya setelah melakukan latihan kegel.



Simak Video "Vaginismus Bisa Jadi Pemicu 'Pasangan Gancet'"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)