Rabu, 13 Okt 2021 19:10 WIB

Ukuran Mr P Berdasarkan Usia, Mentok di Berapa Sentimeter?

Salwa Aisyah Sheilanabilla - detikHealth
Diet, fitness and health concept presented by yellow banana wrapped in measure tape isolated on yellow paper background Berapa sih ukuran penis pria berdasarkan usianya? (Foto: iStock)
Jakarta -

Seiring bertambahnya usia seorang pria ukuran alat kelaminnya juga bisa mengalami perubahan. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ukuran kelamin pria berdasarkan usia.

Dikutip dari Health Grades, Rabu (13/10/2021), pertumbuhan penis berdasarkan usia bisa bervariasi pada setiap orang. Beberapa anak laki-laki bisa mengalami pertumbuhan penis lebih awal atau lebih lambat.

Seberapa besar ukuran penis pria tergantung pada genetika, tetapi ada juga beberapa peneliti yang menyebut kemungkinan faktor lingkungan juga berpengaruh pada pertumbuhan ukuran penis.

Sebuah penelitian pada 2018 menemukan seorang pria muda di Italia yang tinggal di wilayah yang dianggap sangat tercemar oleh PFC (senyawa perfluoroalkyl) ditemukan memiliki penis yang lebih pendek dan memiliki kualitas air mani yang kurang jika dibandingkan dengan pria pada usia yang sama, tetapi tidak terpapar bahan kimia.

Baca juga: Cara Alami Panjangkan Penis Tanpa Obat, Cukup Dipijat-pijat

Berapa panjang penis rata-rata untuk orang dewasa?

Sebuah studi pada 2015 yang dilakukan oleh para peneliti London menemukan ukuran kelamin pria berdasarkan usia yang diukur secara profesional oleh ahli bukan diukur sendiri.

Sekitar 90 persen pria memiliki penis yang berukuran antara 10 sampai 15 centimeter (cm) saat ereksi. Adapun rata-rata panjang penis saat sedang atau tidak ereksi adalah sebagai berikut.

Panjang penis saat ereksi vs tidak ereksi

  • Rata-rata panjang penis pria dewasa saat tidak ereksi: sekitar 9,1 cm dengan ketebalan 9,3 cm.
  • Rata-rata panjang penis pria dewasa saat ereksi: sekitar 13,1 cm dengan ketebalan 11,6 cm.

Sementara dikutip dari situs dr greene, berdasarkan Journal of Pediatrics, adapun ukuran palat kelamin berdasarkan usia adalah sebagai berikut.

  • Usia 0 sampai 5 tahun: sekitar 0,7 sampai 3,8 cm
  • Awal pubertas: sekitar 1 sampai 6,3 cm
  • Dewasa: sekitar 1,5 sampai 13,2 cm

Perlu diketahui bahwa ukuran penis bisa bervariasi pada setiap orang. Selain itu, pada usia 0 sampai 5 tahun pertumbuhan penis memang terbatas. Umumnya, penis bertumbuh pada masa pubertas.



Simak Video "Vaginismus Bisa Jadi Pemicu 'Pasangan Gancet'"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)