Selasa, 26 Okt 2021 22:12 WIB

Seperti Apa Warna Miss V yang Normal? Ini Pendapat Para Pakar

Salwa Aisyah Sheilanabilla - detikHealth
female hand holding a heart shape closeup Apa warna normal Miss V? (Foto: iStock)
Jakarta -

Warna vagina tak jarang menjadi kekhawatiran banyak wanita. Tak sedikit yang memilih untuk menggunakan sejumlah obat-obatan atau produk di pasaran untuk mencerahkan area vagina. Sebenarnya, seperti apa warna vagina yang normal?

Dikutip dari In Style, Selasa (26/10/2021), banyak dari dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan yang menjelaskan bahwa sebenarnya tidak ada kriteria pasti seperti apa vagina yang "normal."

Vagina setiap orang bisa sangat bervariasi dalam hal bentuk, ukuran, dan penampilan secara keseluruhan, sehingga tidak ada satu warna pasti yang harus dimiliki labia atau vagina normal.

Misalnya, beberapa orang mungkin memiliki labia berwarna merah muda atau keunguan, sementara yang lain mungkin memiliki labia kemerahan atau coklat. Biasanya, warna labia awalnya ditentukan oleh warna kulit seseorang, meskipun warna pastinya akan berubah seiring waktu.

Senada dengan pernyataan tersebut dr Suzy Elneil, konsultan uroginekologi dari London menjelaskan bahwa warna vagina bisa bermacam-macam mulai dari merah muda hingga merah muda kecoklatan.

"Vagina bervariasi dalam bentuk, ukuran dan warna. Ada yang kecil dan bulat telur [berbentuk telur], ada yang besar dan silindris, dan warnanya bisa bervariasi dari merah muda terang hingga merah muda kecoklatan tua. Yang penting vagina berfungsi normal," beber dr Elneil, dikutip dari laman resmi National Health Service.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Kembali Bak Perawan dalam 30 Menit!"
[Gambas:Video 20detik]