Jumat, 29 Okt 2021 21:28 WIB

Berbahayakah Membiarkan Rambut Kemaluan Tumbuh Tanpa Dicukur?

Firdaus Anwar - detikHealth
razor, bar of sudsy soap on shiny wet gray surface. Foto: thinkstock
Jakarta -

Mungkin tidak banyak orang tahu soal serba-serbi kesehatan rambut kemaluan. Ada yang membiarkan rambut kemaluan tumbuh, tapi ada juga yang mencukur rutin.

Hal yang kemudian kerap jadi pertanyaan adalah kebiasaan mana yang lebih baik untuk kesehatan? Apakah ada bahaya bila rambut kemaluan dibiarkan tumbuh tanpa pernah dicukur?

Menjawab pertanyaan tersebut, ahli kandungan dr Donnica Moore dari Sapphire Women's Health Group mengatakan tidak ada masalah membiarkan rambut kemaluan tumbuh alami. Rambut yang lebat bisa berfungsi sebagai pelindung organ intim dari risiko infeksi atau iritasi.

Saat seseorang berkeringat, rambut kemaluan bisa menjaga agar kulit tidak bersentuhan langsung dengan permukaan pakaian yang lembap. Rambut kemaluan juga bisa melindungi organ intim dengan menahan debu atau kotoran lainnya.

"Rambut kemaluan Anda ada untuk melindungi kulit di sekitar bagian kewanitaan Anda. Karena kulit itu sangat sensitif," kata dr Moore seperti dikutip dari Health, Jumat (29/10/2021).

Hanya satu hal yang bisa jadi 'kerugian' membiarkan rambut kemaluan tumbuh lebat, yaitu lebih mungkin untuk menjadi sarang kutu rambut. Hanya saja menurut dr Moore kejadian masalah kutu pada rambut kemaluan jarang dihadapi oleh orang-orang.



Simak Video "Kekhawatiran Mahasiswa di Afsel Atas Kemunculan Varian Omicron"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)