Kamis, 04 Nov 2021 22:01 WIB

4 Fakta Rambut Kemaluan, Lebih Baik Dicukur atau Dibiarkan Saja?

Astika - detikHealth
Eighteen plus, age limit, sign in neon style. Only for adults. Night bright neon sign, symbol 18 plus. Vector Illustration. Foto ilustrasi. (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/Soifer)
Jakarta -

Rambut kemaluan merupakan rambut yang tumbuh di sekitar organ intim vagina atau penis. Pertumbuhan rambut ini dimulai saat seseorang memasuki masa pubertas dan kerap ditandai sebagai tanda kedewasaan secara fisik.

Namun, ternyata pertumbuhan rambut kemaluan ini sudah dimulai sejak kecil, hanya saja akan benar-benar tumbuh saat remaja akibat meningkatnya hormon androgen.

Dikutip dari Medical News Today, berikut 4 fakta seputar rambut kemaluan:

1. Apa manfaat mempertahankan rambut kemaluan?

Diketahui kulit di sekitar area kelamin sangat sensitif. Maka, rambut kemaluan berfungsi untuk mengurangi gesekan selama hubungan seksual yang dapat mengakibatkan lecet atau luka.

Selain itu, menurut sebuah penelitian di tahun 2017, rambut kemaluan terbukti mengurangi risiko tertular dari Infeksi Menular Seksual (IMS) dengan cara menjerat kotoran atau bakteri yang bisa masuk ke dalam tubuh melalui vagina atau penis.


2. Lebih bagus rambut kemaluan lebat atau jarang?

Tidak ada standar untuk jumlah, ketebalan, dan area yang tertutupi oleh rambut kemaluan karena akan bervariasi antar tiap orang. Sebagian orang memiliki rambut kemaluan yang lebat karena pengaruh hormon, sementara yang lain mungkin mengalami korontokan karena penuaan, dan semuanya adalah hal normal.

3. Apakah rambut kemaluan tidak higienis?

Betul, rambut kemaluan memang tidak higienis sehingga membutuhkan pembersihan rutin seperti area tubuh lainnya. Karena berfungsi untuk menjerat kotoran dan keringat, area di sekitar rambut kemaluan memang menjadi lebih menyengat. Sehingga seseorang harus mencuci daerah tersebut setiap kalo mandi untuk menjaga tetap bersih dan mencegah bau.

4. Bolehkah mencukur rambut kemaluan?

Mencukur rambut kemaluan atau tidak adalah sebuah keputusan pribadi. Namun, perlu diperhatikan cara mencukurnya agar terhindar dari luka akibat pisau cukur atau gunting. Beberapa metode yang bisa dipilih seperti shaving, waxing, menggunakan bahan kimia seperti krim, dan memotong dengan gunting atau alat cukur listrik.



Simak Video "Pentingnya Pendidikan Seksual Sejak Dini untuk Cegah Pelecehan"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)