Rabu, 17 Nov 2021 20:39 WIB

Pria Wajib Tahu, 4 Kebiasaan Buruk Ini Bisa 'Merusak' Mr P

Firdaus Anwar - detikHealth
Diet, fitness and health concept presented by yellow banana wrapped in measure tape isolated on yellow paper background Foto: iStock
Jakarta -

Penis merupakan salah satu organ penting bagi kaum pria. Penis memiliki fungsi sebagai saluran untuk mengeluarkan urine dan juga untuk kegiatan seksual.

Namun demikian mungkin tidak semua pria tahu ada kebiasaan tertentu yang bisa merusak penis. Padahal fungsi penis yang terganggu dapat berdampak juga terhadap kualitas hidup seseorang.

Sebagai contoh disfungsi ereksi bisa jadi salah satu keluhan umum yang dirasakan seorang pria pada penisnya.

Dikutip detikcom dari berbagai sumber, waspada terhadap kebiasaan yang bisa merusak penis ini:

1. Jarang dibersihkan

Menjaga kebersihan penis merupakan hal wajib yang perlu dilakukan semua pria. Sekilas terdengar sederhana, namun kadang ada saja kasus-kasus masalah kesehatan yang terjadi akibat seseorang tidak menjaga kebersihan penisnya.

Sebagai contoh seorang pria bernama Zach dalam program televisi The Sex Clinic dilaporkan mengalami keluhan penis sakit, bengkak, dan mengeluarkan bau tidak sedap. Setelah diselidiki ternyata penyebabnya adalah tumpukan smegma (kotoran yang terdiri dari sel kulit mati, minyak, kotoran, dan keringat) pada lapisan kulit penis.

Smegma diketahui lebih mudah terbentuk pada penis pria yang tak disunat. Smegma biasanya menumpuk di bagian kulup dan pada beberapa kasus bisa membuat kulit jadi menempel (fimosis).

2. Kurang istirahat

Kemampuan penis untuk mendapat ereksi yang baik bisa dipengaruhi oleh tingkat hormon seks testosteron. Kebiasaan bergadang yang membuat seseorang kurang istirahat disebut peneliti dapat berdampak buruk karena mengurangi tingkat hormon testosteron.

Dampaknya penis mungkin bisa lebih rentan mengalami masalah disfungsi ereksi.

3. Malas olahraga

Orang yang malas olahraga dan terjebak dalam gaya hidup sedentari berisiko mengalami obesitas. Hal ini bisa berdampak terhadap terganggunnya aliran darah, termasuk di antaranya pada organ penis.

Penis membutuhkan aliran darah yang lancar untuk mempertahankan ereksi. Bila pembuluh darah tersumbat atau terganggung karena tumpukan lemak, maka penis juga lebih sulit ereksi.

Studi sudah melihat pria yang olahraga teratur bisa memiliki fungsi seksual lebih baik dibandingkan pria yang jarang olahraga.

4. Merokok

Kamu bisa melihat sendiri peringatan di bungkus rokok yang menyebut kebiasan merokok dapat menyebabkan impotensi. Ini karena studi sudah membuktikan bahwa rokok dapat meningkatkan risiko penyumbatan pembuluh darah.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ketika pembuluh darah penis tersumbat maka ereksi juga akan sulit terjadi.



Simak Video "Friends with Benefits, Teman tapi Mesra Versi Upgrade"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)