Kamis, 09 Des 2021 19:45 WIB

5 Efek Samping Unik Orgasme Pada Wanita: Dari Sakit Kepala Sampai Menangis

Firdaus Anwar - detikHealth
Concept sex, masturbation. Hand, fingers in grapefruit, vagina symbol on a red background Macam-macam orgasme pada wanita. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Pengalaman orgasme tiap orang bisa berbeda-beda. Hanya saja orgasme pada wanita diketahui kadang bisa menimbulkan berbagai 'efek samping' unik.

Sebagian wanita melaporkan bisa merasa sakit kepala, sensasi halusinasi, hingga tiba-tiba ingin menangis usai orgasme. Fenomena ini disebut juga sebagai peri-orgasmic.

Berikut penjelasannya seperti dikutip dari Women's Health:

1. Halusinasi

Menurut studi yang dilakukan peneliti di Turki pada 50 wanita, sebagian melaporkan bisa mengalami perasaan seperti melayang atau keluar dari tubuh. Ada juga laporan orang yang bisa seperti melihat atau merasakan sesuatu (sinestesia).

2. Sakit seperti flu

Sebagian wanita mungkin bisa merasa gejala sakit seperti flu usai mengalami orgasme. Fenomena ini disebut sebagai Post-Orgasmic Illness Syndrome (POIS) dan penyebab pastinya sampai saat ini belum diketahui.

" Gejalanya bisa mulai beberapa menit atau jam setelah orgasme dan bisa berlangsung selama beberapa hari sesudahnya. Biasanya gejala akan hilang dalam waktu seminggu," ungkap International Society for Sexual Medicine (ISSM).

3. Bersin

Mungkin terdengar aneh, tapi menurut laporan yang dipublikasikan di jurnal Royal Society of Medicine bersin bisa jadi respons normal wanita saat orgasme.

Peneliti menyebut kemungkinan ini berkaitan dengan sistem saraf parasimpatik yang terstimulasi saat orgasme.

4. Sakit kepala

Sakit kepala atau nyeri di leher sebelum atau sesaat orgasme juga bisa dialami oleh beberapa orang. Mayo Clinic menyebut bila ini terjadi berulang maka sebaiknya periksakan diri karena bisa jadi ada masalah pembuluh darah di otak.

5. Menangis

Saat orgasme banyak hormon yang dikeluarkan oleh tubuh. Gejolak hormon tersebut dapat memicu berbagai perasaan, termasuk perasaan ingin menangis.

Fenomena ini disebut juga post-coital dysphoria (PCD).



Simak Video "Seks Anal dan Risiko Kesehatannya"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/naf)