ADVERTISEMENT

Jumat, 24 Des 2021 19:30 WIB

Berapa Kalori yang Terbakar Saat Bercinta? Ini Risetnya!

Maulida Balqis - detikHealth
Close up of female feet in under the sheets. Berapa kalori yang terbakar saat berhubungan seks? Ini hasil ristenya (Foto: Getty Images/iStockphoto/santypan)
Jakarta -

Semua orang tentu tahu bahwa ketika berolahraga tubuh akan membakar banyak kalori. Lain halnya dengan bercinta. Sebagian orang mungkin belum mengetahui berapa banyak kalori yang akan terbakar saat sedang melakukan sesi intim.

Bercinta pada dasarnya memang bisa membakar kalori dalam tubuh. Namun ternyata, kalori yang dibakar tidak sebanyak ketika berolahraga.

Melansir Health Line, sebuah studi yang dilakukan oleh University of Quebec di Montreal menunjukkan pria membakar rata-rata 101 kalori (4,2 kalori per menit) selama 'sesi 24 menit'. Sementara wanita rata-rata hanya membakar 69 kalori (3,1 kalori per menit).

Studi yang dilakukan pada 21 pasangan berusia 20-an tahun dengan melacak berapa banyak energi yang dikeluarkan ketika berolahraga dan ketika beraktivitas seksual ini, meminta para pesertanya menyelesaikan latihan endurance (ketahanan) selama 30 menit di atas treadmill berintensitas sedang. Hal ini dilakukan untuk membandingkan jumlah kalori yang dikeluarkan ketika berolahraga dan ketika berhubungan intim.

Selama 30 menit sesi treadmill, pria berhasil membakar 276 kalori dengan wanita sebanyak 213 kalori. Ini menunjukkan bahwa bercinta nyatanya tidak membakar kalori sebanyak saat berolahraga dengan intensitas sedang.

Lebih jauh, studi lain yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine menunjukkan hasil yang berbeda. Studi ini menyebutkan bahwa seorang pria dengan berat 154 pon (70 kg) akan mengeluarkan sekitar 3,5 kalori per menit (210 kalori per jam) selama sesi stimulasi dan orgasme.

Tingkat pengeluaran ini serupa dengan yang dicapai ketika seseorang berjalan dengan kecepatan sedang atau sekitar 4 kilometer. Bedanya, pada penelitian ini rata-rata aktivitas seksual hanya berlangsung selama sekitar enam menit. Dapat disimpulkan bahwa pria berusia awal hingga pertengahan 30-an hanya dapat membakar sekitar 21 kalori selama berhubungan seksual.

Bagaimana dengan berciuman?

Melansir Women's Health, ketika berciuman, kalori yang terbakar adalah sekitar 5 hingga 26 kalori per menit. Hal ini diungkapkan oleh studi yang diterbitkan dalam American Journal of Medicine. Studi ini menunjukkan bahwa kalori yang dikeluarkan ketika berciuman tergantung pada seberapa lama dan seberapa intens ciuman tersebut. Sebuah kecupan sederhana ditemukan hanya menggunakan sekitar dua otot di wajah dan hanya mengurangi paling banyak 2 sampai 3 kalori tubuh.

Lalu bagaimana cara membakar lebih banyak kalori saat bercinta?

Berdasarkan penelitian, aktivitas seksual rata-rata tidak akan mengurangi pengeluaran kalori dalam tubuh. Namun, ada beberapa cara yang dapat dilakukan yang bisa membantu proses pengeluaran kalori menjadi jauh lebih banyak.

  • Memperpanjang durasi

Bila ingin membakar lebih banyak kalori saat bercinta, maka cobalah untuk melakukannya dalam durasi yang lebih panjang. Karena walau tidak banyak, bercinta juga terbukti dapat membakar kalori dalam tubuh.

  • Timbulkan uap

Semakin hangat sesi bercinta, semakin banyak tubuh berkeringat, dan semakin banyak pula kalori yang akan terbakar.

  • Coba posisi yang berbeda

Sudah tahu kalkulator seks? Alat ini bisa menghitung kalori yang dikeluarkan tubuh sesuai dengan berat badan dan posisi bercinta. Cobalah masukkan jenis kelamin dan berat badan bersama dengan posisi apa yang dilakukan. Kalkulator ini nantinya akan menghitung berapa banyak kalori yang terbakar.

Seperti misalnya, wanita dengan berat 140 pon (63 kg) dengan pria 190 pon (86 kg) yang melakukan posisi missionary selama 10 menit akan terbakar sebanyak 14 kalori pada tubuh sang wanita dan 47 kalori pada pria.

Pada intinya, kalori yang terbakar saat berhubungan intim sangatlah bervariasi. Tetapi umumnya kalori saat bercinta dapat terbakar sebanyak 3 hingga 4 kalori per menit.

Dengan melakukan seks, memang banyak manfaat yang akan didapat, namun sebaiknya jangan mengandalkannya sebagai tolak ukur kesehatan.



Simak Video "Cegah Cacar Monyet, WHO Minta Masyarakat Hindari Seks Bebas"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT