ADVERTISEMENT

Selasa, 11 Jan 2022 19:30 WIB

7 Cara Mudah Dongkrak Stamina Pasutri, Biar Nggak Ngos-ngosan saat Bercinta

Atilah Tia Abelta - detikHealth
Young female holding hands sensually on red silk bed. Cara mudah dongkrak performa seks. (Foto: iStock)
Jakarta -

Menurunnya gairah seksual terkadang bisa menimbulkan persoalan dengan pasangan. Hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor, seperti hormon, obat-obatan, hingga kebiasaan tidur.

Sebenarnya, libido atau gairah seksual pada setiap orang berbeda-beda, baik itu pria maupun wanita. Namun, biasanya gairah seksual akan menurun seiring dengan bertambahnya usia.

Meski demikian, ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh pria maupun wanita untuk meningkatkan gairah seksual saat hendak berhubungan intim. Dikutip dari healthline, berikut informasinya.

1. Konsumsi buah-buahan

Beberapa buah terbukti efektif dalam meningkatkan gairah seksual, seperti pisang dan alpukat misalnya, dianggap sebagai makanan penambah libido, atau afrodisiak. Makanan ini juga menyediakan vitamin dan mineral penting yang dapat meningkatkan aliran darah ke alat kelamin dan meningkatkan kehidupan seks yang sehat.

2. Konsumsi coklat

Sejak dulu cokelat telah menjadi simbol hasrat atau cinta, bukan hanya karena rasanya yang lezat tetapi juga karena kekuatannya untuk meningkatkan kenikmatan seksual.

Cokelat memiliki senyawa kimia bernama phenethylamine dan serotonin. Hal inilah yang dapat memberikan efek perasaan bahagia pada seseorang. Menurut sebuah studi tahun 2006 , efek cokelat pada seksualitas mungkin lebih bersifat psikologis daripada biologis.

3. Minum ramuan herbal

Menambahkan sedikit kemangi atau bawang putih ke hidangan Anda bisa menjadi cara untuk meningkatkan libido saat hendak bercinta.

Bau kemangi dapat merangsang indra dan bawang putih mengandung allicin tingkat tinggi yang meningkatkan aliran darah. Efek tersebut dapat membantu pria dengan disfungsi ereksi (DE).

Selain itu, ginkgo biloba adalah ramuan lain yang ditemukan untuk mengobati disfungsi seksual akibat antidepresan pada pria. Ini adalah ekstrak yang berasal dari daun pohon ginkgo Cina.

4. Lakukan meditasi

Stres dapat memengaruhi dorongan seksual seseorang terutama pada wanita. Sebab, wanita sangat rentan terhadap efek stres pada kehidupan seksnya. Sementara di sisi lain pria justru menjadikan seks sebagai penghilang stres.

Anda mungkin bisa melakukan meditasi agar tubuh lebih rileks dan stres pun hilang. Dengan begitu, dorongan atau gairah seksual akan bangkit kembali. Berpartisipasi dalam kegiatan olahraga, berlatih tai chi, atau mengikuti kelas yoga mungkin bisa menjadi pilihannya.

5. Tidur yang cukup

Orang yang memiliki kesibukan mungkin tidak punya waktu untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, belum lagi faktor kelelahan sehingga malas untuk berhubungan seks dengan pasangan.

Untuk itu, tingkatkan energi dan gairah seks Anda dengan tidur di siang hari saat Anda memiliki waktu senggang, kemudian makan makanan sehat yang tinggi protein dan karbohidrat kompleks.

6. Tingkatkan rasa percaya diri

Pola makan yang tidak sehat dan kurang olahraga dapat menyebabkan Anda memiliki citra diri yang buruk. Hal-hal ini dapat membuat Anda enggan untuk berhubungan seks dan menikmati seks.

Anda dapat meningkatkan rasa percaya diri dan dorongan seks dengan mengalihkan fokus dari kekurangan yang dimiliki, dan lebih baik fokus pada kenikmatan yang dialami saat berhubungan seks.

7. Menjaga hubungan untuk tetap terkendali

Ketika Anda sedang bertengkar dengan pasangan, kemungkinan besar Anda tidak ingin berhubungan seks.

Bagi wanita, merasakan kedekatan emosional sangat penting untuk keintiman seksual. Itu berarti konflik yang tidak terselesaikan dapat memengaruhi hubungan seksual.

Oleh karena itu, melakukan komunikasi sangat penting untuk membangun kepercayaan satu sama lain. Dengan demikian, hubungan seks akan berjalan dengan nyaman dan kenikmatan yang didapat lebih memuaskan apabila hubungan tetap terkendali.



Simak Video "Cegah Cacar Monyet, WHO Minta Masyarakat Hindari Seks Bebas"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT