Selasa, 18 Jan 2022 21:35 WIB

4 Cara Meningkatkan Volume Air Mani, Penting untuk Kaum Pria!

Firdaus Anwar - detikHealth
Duh! Pria Ini Dipenjara Karena Ketahuan Menaruh Air Mani di Makanan Wanita Foto ilustrasi: Juice Online/iStock
Jakarta -

Air mani adalah cairan berwarna putih keruh yang di dalamnya berisi sperma. Air mani biasanya dikeluarkan oleh pria saat orgasme dan kadang hal ini bisa jadi perhatian tersendiri.

Sebagian pria mungkin ada yang ingin meningkatkan jumlah atau volume air maninya saat orgasme. Tapi apakah hal tersebut bisa dilakukan?

Urolog Rena D Malik dari University of Maryland menjelaskan ada empat cara alami yang bisa dilakukan pria untuk meningkatkan volume air mani. Berikut detailnya:

1. Berhenti Merokok

Merokok jadi kebiasaan buruk yang dapat mengganggu aliran darah di pembuluh darah. Hal ini membuat beberapa organ tubuh mungkin terpengaruh, salah satunya organ intim pria.

Menurut Rena kebiasaan merokok dapat menyebabkan kerusakan yang membuat produksi air mani berkurang.

2. Minum Air Putih

Cara meningkatkan produksi air mani berikutnya adalah dengan menjaga kebutuhan cairan tubuh. Jangan lupa rutin minum air putih, terutama saat haus.

"Tubuh Anda membutuhkan banyak hidrasi dan cairan untuk memproduksi air mani. Jadi pastikan Anda mendapat asupan cairan yang cukup," kata Rena seperti dikutip dari kanal Youtube Rena Malik, M.D. pada Selasa (18/1/2022).

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengecek kondisi hidrasi tubuh adalah dengan melihat warna urine. Urine yang baik berwarna putih kekuningan sementara warna kuning pekat atau coklat bisa jadi tanda dehidrasi.

3. Rutin Olahraga

Olahraga bisa jadi cara yang baik untuk menjaga fungsi berbagai organ tubuh. Untuk produksi air mani, Rena menyarankan orang-orang mencoba latihan kegel.

Kegel disebut bisa memperkuat otot dasar panggul sehingga saat ejakulasi lebih banyak air mani yang bisa dikeluarkan.

"Jadi Anda mungkin tidak berarti membuat lebih banyak air mani, tapi bisa mengeluarkan lebih banyak dari tubuh tanpa ada yang tertinggal," kata Rena.

4. Kurangi Frekuensi Ejakulasi

Tubuh butuh waktu untuk memproduksi air mani, artinya bila air mani dirasa sudah semakin sedikit disarankan agar mengurangi frekuensi ejakulasi.

"Bila Anda memiliki waktu jeda lebih lama di antara ejakulasi, tubuh bisa punya lebih banyak kesempatan mengisi 'tangki' yang kosong," pungkas Rena.



Simak Video "Paus Sperma Terdampar di Cirebon"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)