ADVERTISEMENT

Minggu, 20 Mar 2022 19:30 WIB

Benarkah Sering Bercinta Bisa Menunda Menopause? Ini Penjelasannya

Dzihni Ismah Hanifah - detikHealth
Ilustrasi hubungan seks suami istri Ilustrasi bercinta (Foto: Getty Images/iStockphoto/Ivanko_Brnjakovic)
Jakarta -

Menopause merupakan kondisi berakhirnya siklus menstruasi, umumnya terjadi ketika wanita memasuki usia 40-an akhir.

Seorang wanita dikatakan sudah menopause jika tidak menstruasi lagi minimal 12 bulan lamanya. Namun, sebuah studi baru menyebutkan bahwa menopause bisa mundur pada wanita yang rutin melakukan hubungan seks.

Lantas apa hubungannya sering berhubungan seks dengan menopause?

Dikutip dari Healthline, sebuah penelitian yang diterbitkan Royal Society Open Science menemukan bahwa wanita yang aktif secara seksual rutin setiap seminggu memiliki kemungkinan 28 persen lebih kecil mengalami menopause pada usia tertentu dibandingkan dengan wanita yang melakukan aktivitas seksual bulanan.

Tapi itu hanya satu faktor, faktor lain disebabkan kebiasaan gaya hidup seperti merokok dan jumlah sel telur yang dimiliki seorang wanita sejak lahir juga berkontribusi pada menopause dini.

Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang sudah menikah mencapai tahap menopause lebih lambat daripada wanita yang belum menikah atau bercerai. Hal ini mengungkapkan bahwa kebiasaan seksual memiliki peran besar.

Megan Arnot, kandidat PhD di University College London, mengatakan bahwa dari sudut pandang evolusi akan sia-sia menghabiskan energi untuk berovulasi jika wanita tidak aktif secara seksual. Jika seorang wanita jarang atau tidak pernah berhubungan seks, tubuh tidak akan menerima sinyal bahwa kehamilan bisa segera terjadi.

"Temuan penelitian kami menunjukkan bahwa jika seorang wanita tidak berhubungan seks, dan tidak ada kemungkinan kehamilan, maka tubuh 'memilih' untuk tidak berinvestasi dalam ovulasi, karena tidak ada gunanya," katanya.



Simak Video "Alasan Harus Berhenti Ikutan Fenomena FWB Menurut dr Boyke"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT