Jumat, 08 Apr 2022 04:30 WIB

Suami Mengajak Bercinta saat Puasa, Bagaimana Hukumnya?

Tasya Kania Azzahra Choerunisa - detikHealth
Close up of couple hands lie on bed relaxing in bedroom, lovers have intense sex or making love feeling orgasm and satisfaction, boyfriend and girlfriend enjoy foreplay on white sheets in the morning Foto: Getty Images/iStockphoto/fizkes
Jakarta -

Melakukan hubungan seks di siang hari saat berpuasa Ramadan adalah hal yang tidak boleh dilakukan, karena termasuk dosa dan wajib membayar denda puasa.

Walaupun, suami yang mengajak untuk melakukan kegiatan intim, tetap tidak boleh dilakukan saat siang hari. Melakukan hubungan intim yang dilakukan secara sengaja di siang hari saat masih waktu puasa, hukumnya adalah dosa dan dapat membuat puasa jadi batal.

Wajib hukumnya untuk membayar denda puasa dengan cara berpuasa selama dua bulan berturut-turut. Lalu bagaimana jika tidak mampu berpuasa secara dua bulan berturut-turut?

Maka wajib hukumnya untuk membayar kafarat (denda) atau memberi makanan pokok senilai satu mud (0,6 kilogram beras atau tiga per empat beras) kepada 60 fakir miskin.

Bagaimana jika lupa berhubungan badan saat puasa karena lupa?

Menurut buku 'Madrasah Ramadhan: Cara Menyambut dan Mengisi Bulan Ramadhan agar Lebih Bermakna", karangan Dr 'Aidh Al-Qarni, pasangan tersebut tidak wajib membayar denda, apabila melakukan hubungan intim secara tidak sengaja saat puasa atau belum berniat untuk melakukan puasa.

Kutipan ini juga serupa dengan yang disampaikan oleh imam Syafi'i dan Imam Abu Hanifah melalui kitab 'Bidayah Mujtahid wa Nihayatul Muqtashid' yang ditulis oleh Ibnu Rusyd. Seseorang yang berhubungan seks saat sedang puasa karena lupa, tidak wajib untuk membayar denda sama sekali.

Maka dari itu, pasangan suami istri bisa memilih untuk melakukan hubungan intim di jam selain puasa.

Tidak hanya berhubungan intim, ada banyak hal yang tidak boleh dilakukan suami istri saat puasa karena dapat mengurangi pahala sampai membatalkan puasa. Apa saja kegiatan tersebut?

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Anjuran Porsi Sahur yang Ideal Menurut Dokter Gizi"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)