Kamis, 05 Mei 2022 21:00 WIB

Hubungan Seks Mulai Boring? 5 Tips Ini Bisa Tingkatkan Libido

Razdkanya Ramadhanty - detikHealth
Shot of an affectionate young couple spending some quality time together in their bedroom at home Hubungan seks terasa boring (Foto: iStock)
Jakarta -

Tak bisa dipungkiri, hubungan seks terkadang bisa sangat membosankan dan monoton. Namun sayang, banyak dari pasangan yang tak mau mendiskusikannya.

Urusan ranjang padahal bisa dikomunikasikan demi kepuasan bersama. Tak hanya itu, bisa juga membangun keintiman antar pasangan.

"Keintiman bukanlah suatu yang bisa didapat dalam waktu semalam dengan cara cepat. Kamu harus bersedia bekerja dan berkomitmen untuk merasakan perubahan dalam kehidupan seks kamu," kata Devina Kaur, seorang motivator dikutip Healthshots, Kamis (5/5/2022).

Berikut 5 tips mudah yang bisa diterapkan untuk memperbaiki hubungan seks yang mulai membosankan.

1. Berkomunikasi

Berkomunikasi dengan pasangan menjadi kunci untuk memiliki hubungan seksual yang sehat.

Ketika kamu dan pasangan berkomunikasi secara terbuka dan jujur, kamu berdua akan merasa cukup nyaman untuk berbagi apa yang kamu pikirkan dan rasakan. Ini juga memungkinkan kamu mengutarakan keinginan dan kebutuhan kamu tanpa takut akan penilaian dari pasangan kamu.

Sangat penting untuk membahas harapan kamu sebelum melakukan hubungan seks. Ungkapkan apa yang kamu suka dan tidak suka. Diskusikan fantasi dan fetish kamu.

Jika kamu takut membicarakan hal-hal tersebut, kamu tidak akan tahu bagaimana cara memberikan kesenangan kepada pasanganmu.

2. Menerima

Jika kamu bisa menerima dan mencintai diri kamu, secara alami akan menarik orang-orang yang cocok dengan kamu.

Menerima berarti menerima semua kekurangan, kekuatan, dan kelemahan kamu. Ini juga menjadi awal menuju kebahagiaan. Ketika kamu sudah merasa bahagia, akan mulai menarik energi positif ke dalam kehidupan kamu.

"Menerima juga berarti menciptakan ruang aman bagi pasangan kamu untuk menjadi diri mereka sendiri dan mengutarakan apa kebutuhan seksual mereka. Ini bisa membuka jalur komunikasi yang lebih baik untuk meningkatkan hubungan seksual," kata Kaur.

3. Berpikiran Terbuka

Kenali tubuh dan seksualitas kamu serta pasangan kamu, ini bisa menjadi poin kesenangan dan keinginan kamu. Contohnya seperti melakukan mencoba posisi seks baru atau bermain peran juga bisa menjadi alternatif.

Bereksperimenlah dengan hal-hal baru hingga kamu dan pasangan menemukan sesuatu yang cocok serta sesuai.

4. Perbanyak Tertawa

Tertawa terbukti meningkatkan kadar testosteron dan meningkatkan aliran darah. Jika kamu ingin meningkatkan kualitas hubungan seksual, tertawa menjadi salah satu solusinya.

Tertawa membantu melepaskan endorfin yang membantu kamu bahagia dan rileks, menyebabkan peningkatkan energi dan suasana hati yang lebih baik.

Penting untuk beristirahat dari seks dan hanya tertawa bersama pasangan. Mengambil waktu untuk beristirahat dan tertawa, membantu kamu mengisi ulang energi.

5. Perhatikan Gaya Hidup

Kegemaran buruk yang berlebih seperti merokok, meminum alkohol, makan makanan tidak sehat, dapat mempengaruhi hubungan seks. Hal tersebut dapat menyebabkan kelelahan, libido rendah, dan ejakulasi dini.

Berhati-hatilah dengan segala yang dapat mempengaruhi hubungan seksual kamu. Alih-alih memanjakan diri dengan hal yang kurang sehat, pilihlah alternatif lain.



Simak Video "Jangan Sembarangan Bercinta di Bulan Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(any/fds)