Rabu, 15 Jun 2022 19:00 WIB

8 Deretan Makanan Ini Mampu Meningkatkan Kualitas Sperma

Afif Ahmad Rifai - detikHealth
ilustrasi sperma Ilustrasi sperma (Foto: iStock)
Jakarta -

Kualitas sperma merupakan salah satu faktor utama yang memengaruhi kesuburan, meningkatkan peluang kehamilan. Seperti organ lainnya, sistem reproduksi juga membutuhkan nutrisi yang tepat.

Makanan adalah salah satu faktor yang dapat meningkatkan kesehatan sistem reproduksi seseorang. Makanan dengan nutrisi yang tepat dapat meningkatkan produksi testosteron yang akan meningkatkan kualitas sperma seorang pria.

Dikutip dari Nova IVF Fertility, beberapa makanan berikut dipercaya mampu meningkatkan kualitas sperma, seperti:

1. Telur

Telur merupakan pilihan makanan untuk meningkatkan jumlah sperma karena mengandung protein. Telur juga melindungi sperma dari radikal bebas yang dapat merusak motilitas sperma.

Nutrisi yang terdapat pada telur membantu produksi sperma lebih kuat dan sehat, serta meningkatkan kesuburan.

2. Bayam

Asam folat merupakan salah satu senyawa yang membantu perkembangan sperma agar lebih sehat. Sayuran berdaun merupakan sumber yang kaya akan asam folat, dan bayam adalah salah satunya.

Kadar asam folat yang tinggi juga membantu mengurangi kadar sperma abnormal di dalam air mani, sehingga meningkatkan peluang keberhasilan penetrasi sperma ke dalam sel telur.

3. Pisang

Vitamin A, B1, dan C yang terdapat dalam pisang membantu tubuh untuk memproduksi sperma yang lebih sehat dan kuat. Jumlah sperma juga bergantung pada vitamin tersebut.

Selain kaya akan vitamin tersebut, pisang juga mengandung enzim langka yang dikenal sebagai Bromelain. Enzim ini berfungsi untuk mencegah peradangan dan membantu tubuh meningkatkan kualitas dan jumlah sperma.

4. Asparagus

Asparagus adalah sayuran yang mengandung kadar vitamin C tinggi dan memiliki sejumlah efek positif untuk sperma. Kandungan yang terdapat pada asparagus dapat melawan radikal bebas serta melindungi sel-sel testis.

Tak hanya itu asparagus juga membantu membuka jalan agar sperma diproduksi dalam kualitas yang baik.

5. Cokelat Hitam

Cokelat hitam kaya akan asam amino bernama L-arginin HCl yang terbukti berkontribusi dalam produksi sperma yang tinggi. Mengonsumsi cokelat hitam harus dalam jumlah yang terbatas agar manfaat tersebut dapat dirasakan.

6. Kenari

Kacang-kacangan adalah sumber lemak dan protein yang baik. Lemak baik diperlukan untuk memproduksi membran sel bagi sperma.

Kenari merupakan salah satu makanan yang mengandung arginin yang dapat berkontribusi pada peningkatan jumlah sperma. Antioksidan yang terkandung dalam kenari juga membantu menghilangkan racun dalam aliran darah.

7. Biji Labu

Fitosterol adalah zat yang dikenal dapat meningkatkan produksi testosteron dalam tubuh, dan komponen tersebut ada dalam biji labu. Zat tersebut juga membantu dalam peningkatan jumlah sperma dan kesuburan.

Biji labu juga mengandung asam lemak omega-3 yang meningkatkan sirkulasi darah dan volume air mani.

8. Makanan yang Kaya Seng

Seng memainkan peranan besar dalam memproduksi sel sperma. Makanan seperti kacang-kacangan dan daging merah adalah makanan yang kaya akan seng, hal tersebut bisa dimasukan ke dalam menu makanan harian agar produksi sperma tetap terjaga.

Bahkan, kekurangan seng dapat menurunkan motilitas sperma dan mengurangi kesuburan.



Simak Video "Infeksi Corona Disebut Berpotensi Bikin Mandul"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)