ADVERTISEMENT

Minggu, 10 Jul 2022 21:00 WIB

Fakta-fakta Orgasme, Ternyata Tak Semua Wanita Bisa Mencapainya

Afif Ahmad Rifai - detikHealth
Young female holding hands sensually on red silk bed. Foto: iStock
Jakarta -

Sebagian orang mungkin hanya mengetahui jika orgasme adalah puncak gairah seksual seorang wanita. Padahal, orgasme tidak hanya sebatas itu saja.

Dikutip dari The Conversation, terdapat beberapa hal yang berkaitan dengan orgasme wanita. Hal tersebut perlu diketahui baik pria maupun wanita, semakin seseorang memahami hal yang berkaitan dengan seks, semakin tinggi pula peluang kehidupan seksualnya menjadi lebih baik.

1. Kondisi Tubuh saat Orgasme

Ketika orgasme, otot-otot dasar panggul wanita berkontraksi secara tidak sadar dan berirama. Namun, hal tersebut hanya bertahan beberapa detik dan akan kembali ke keadaan semula setelah orgasme selesai.

Tak hanya otot panggul yang bergerak, detak jantung, laju pernapasan, dan tekanan darah juga ikut meningkat. Pada puncaknya, orgasme wanita akan melepaskan oksitosin yang dikenal dengan hormon cinta dan dopamin yang dikenal dengan hormon bahagia.

Maka, tidak heran ketika wanita mendapatkan orgasme ia akan merasa rileks dan ringan seperti telah melepaskan suatu beban. Bahkan tidak jarang wanita akan merasa ngantuk beberapa saat setelah orgasme.

2. Tidak Semua Wanita Mampu Orgasme

Pada sebagian wanita orgasme bukanlah suatu masalah yang besar. Mereka tidak selalu menganggap bahwa seks hanya dinikmati ketika mereka orgasme.

Pada sebuah penelitian ditemukan bahwa sekitar 21 persen wanita Australia tidak mencapai klimaks saat berhubungan seksual. Penelitian itu melibatkan wanita dengan usia 20 hingga 64 tahun.

Sudut pandang biologis juga mengatakan bahwa wanita yang mengalami anorgasmia (keadaan di mana wanita tidak mampu orgasme) bukanlah suatu masalah. Namun, beberapa wanita yang mengalami anorgasmia merasa malu dan menganggap dirinya tidak berharga.

Bagi sebagian pria, kesuksesan saat berhubungan seks adalah wanita yang mendapatkan orgasme. Hal itulah yang mendasari bahwa banyak orgasme palsu yang ditampilkan oleh wanita ketika berhubungan seksual bersama pasangan.

3. Multi Orgasme Benar Adanya

Orgasme lebih dari sekali dalam satu kali sesi bercinta mungkin bisa didapatkan oleh seorang wanita. Sebuah survei yang dilakukan oleh situa kencan online menunjukkan bahwa 77 persen wanita pernah mengalami multi orgasme.

Namun, penelitian yang dilakukan oleh para akademisi mendapatkan angka yang jauh lebih rendah, yaitu sekitar 14 persen. Tapi yang jelas bahwa multi orgasme adalah hal yang mungkin bisa didapatkan oleh seorang wanita.

Beberapa wanita yang pernah mengalami multi orgasme mengatakan bahwa orgasme kedua merupakan orgasme yang terkuat. Namun setelah itu sensasi orgasme terasa kurang intens.

4. Manfaat Orgasme

Orgasme tidak hanya bermanfaat sebagai kesenangan wanita saja. Lebih jauh, orgasme dapat meningkatkan ikatan emosional antara wanita dengan pasangannya.

Namun, bukan berarti wanita yang tidak mengalami orgasme tidak akan mendapatkan kesenangan saat berhubungan seksual. Banyak kesenangan yang bisa wanita dapatkan saat berhubungan seksual, seperti saling menggoda antar pasangan, hingga berfantasi.



Simak Video "Friends with Benefits, Teman tapi Mesra Versi Upgrade"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT