Wanita Habis Melahirkan, Aman Nggak Sih Buru-buru Bercinta Lagi?

ADVERTISEMENT

Wanita Habis Melahirkan, Aman Nggak Sih Buru-buru Bercinta Lagi?

Nurul Febian Danari - detikHealth
Senin, 24 Okt 2022 22:00 WIB
Eighteen plus, age limit, sign in neon style. Only for adults. Night bright neon sign, symbol 18 plus. Vector Illustration.
Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/Soifer
Jakarta -

Setelah melahirkan, ada beberapa perubahan pada tubuh baik fisik maupun hormonal. Perubahan hormon pasca melahirkan dapat membuat jaringan pada vagina lebih tipis dan sensitif.

Vagina, rahim, dan leher rahim harus pulih dan kembali ke kondisi normal sebelum bisa kembali bercinta dengan pasangan. Proses menyusui juga membuat libido pada wanita menurun.

Meskipun tak ada waktu tertentu untuk bisa kembali bercinta setelah melahirkan, ada baiknya untuk tidak terburu-buru. Dikutip dari Healthline, dokter menyarankan untuk menunggu empat hingga enam bulan setelah melahirkan. Jika mengalami robekan perineum atau episiotomi, mungkin membutuhkan waktu yang lebih lama lagi.

Episiotomi adalah pemotongan bedah untuk memperlebar saluran vagina. Kembali berhubungan seks terlalu cepat dapat meningkatkan risiko komplikasi, seperti perdarahan pasca persalinan dan infeksi rahim.

Seks Pasca Melahirkan

Penelitian pada tahun 2005 menemukan bahwa 83 persen wanita mengalami masalah seksual dalam tiga bulan pertama setelah melahirkan pertama kali. Namun, masalah itu menurun seiring bertambahnya bulan pasca melahirkan.

Masalah yang paling umum antara lain:

  • Vagina kering
  • Hilangnya elastisitas vagina
  • Adanya robekan parineum atau episiotomi
  • Perdarahan
  • Nyeri
  • Otot vagina kendor
  • Kelelahan
  • Libido rendah

Tips Bercinta Pasca Lahiran

1. Perlahan dan Santai

Pada minggu pertama setelah kondisi tubuh mulai normal, tubuh mungkin belum siap kembali ke aktivitas sebelum hamil sehingga masih membutuhkan penyesuaian.

2. Perbanyak Foreplay

Perbanyak rangsangan agar vagina menghasilkan pelumasannya sendiri. Tak lain, dengan memperbanyak foreplay.

3. Pakai Pelumas Tambahan

Saat hormon sedang menyesuaikan diri, vagina mungkin belum cukup menghasilkan pelumas alami sehingga membutuhkan pelumas tambahan agar seks penetrasi lebih nyaman. Gunakan pelumas berbahan dasar air.

4. Berbicara dengan Pasangan

Seks pasca melahirkan akan terasa berbeda. Untuk itu, penting untuk berdiskusi dengan pasangan perihal apa yang nyaman dan tidak nyaman dilakukan dalam momen bercinta. Dengan komunikasi terbuka juga, suami bisa meminimalkan risiko sakit saat bercinta pasca melahirkan.



Simak Video "WHO Soroti Hal Ini Terkait Ancaman Cacar Monyet yang Kian Serius"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/vyp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT