Terlalu Sering Bercinta Bisa Bikin Vagina Kendor? Ini Faktanya

ADVERTISEMENT

Terlalu Sering Bercinta Bisa Bikin Vagina Kendor? Ini Faktanya

Nurul Febian Danari - detikHealth
Kamis, 03 Nov 2022 22:00 WIB
woman have bladder or uti pain sitting on bed in bedroom after wake up feeling so illness,Healthcare concept
Ilustrasi vagina. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Jomkwan)
Jakarta -

Ada beberapa mitos terkait vagina yang banyak dipercaya, salah satunya vagina bisa mengendur jika terlalu sering bercinta. Kabar baiknya, vagina tidak akan mengendur meskipun bercinta terlalu sering.

Vagina memiliki sifat elastis yang dapat mengendur dan mengencang dengan sendirinya. Pada beberapa kasus, vagina dapat melonggar saat memasang tampon, KB, aktivitas bercinta, hingga melahirkan. Namun, kemampuan vagina yang elastis dapat mengencang seperti semula, termasuk setelah melahirkan, namun membutuhkan latihan dan waktu yang sedikit lebih lama.

Cara Mengencangkan Otot Vagina

Kekuatan otot vagina dapat ditingkatkan kembali dengan bantuan latihan Kegel atau terapi fisik dasar panggul dan pelvic tilt exercise.

1. Latihan Kegel

Untuk mengencangkan otot dasar panggul perlu mengidentifikasi otot-otot dasar panggul terlebih dahulu. Caranya, berhenti di tengah aliran saat sedang buang air kecil, jika berhasil, itulah otot yang dimaksud.

Selanjutnya, pilih posisi yang paling nyaman atau terlentang dan kencangkan otot dasar panggul, tahan kontraksi selama lima detik, dan rileks selama lima detik. Ulangi langkah ini setidaknya lima kali.

2. Pelvic Tilt Exercise

Caranya, berdiri dengan bahu dan pantat menempel ke dinding. Sedikit lemaskan lutut dan jangan terlalu kencang. Kemudian tarik pusar ke arah tulang belakang sementara punggung harus rata dengan dinding. Terakhir, kencangkan pusar selama sekitar empat detik, lalu lepaskan. Lakukan ini 10 kali, hingga 5 kali sehari.



Simak Video "Dokter Boyke Angkat Bicara Soal Heboh Istilah 'Husband Stitch'"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT