Ups! Sadar atau Tak Sadar, Kebiasaan Ini Bisa Bikin Gairah Seks Anjlok Lho

ADVERTISEMENT

Ups! Sadar atau Tak Sadar, Kebiasaan Ini Bisa Bikin Gairah Seks Anjlok Lho

Irene Putri Wibowo - detikHealth
Sabtu, 05 Nov 2022 22:00 WIB
Young female holding hands sensually on red silk bed.
Deretan kebiasaan yang membuat gairah seks anjlok. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Gairah seksual setiap pasangan dapat menurun sewaktu-waktu. Salah satu penyebabnya adalah jam tidur yang berantakan. Seperti apa hubungannya?

Terutama bagi seseorang dengan libido rendah, pakar menyarankan agar kualitas dan jam tidur dibenahi. Mengingat libido setiap orang dapat berubah seiring bertambahnya usia, besar kemungkinan semakin merosot imbas jam tidur berantakan.

Dikutip dari Risescience, faktor-faktor di bawah ini dapat menyebabkan gairah seksual menjadi rendah.

Terlalu Lelah

Beberapa pasangan kerap memaksakan diri melakukan hubungan seks di saat tubuh mereka sedang lelah. Padahal, kebiasaan tersebut berisiko menimbulkan ketidakinginan untuk berhubungan seks kembali pada keesokan harinya.

Ketika tubuh sudah lelah malam hari, tak ada salah beristirahat dan menunda momen bercinta. Studi pada 2015 dalam Journal of Sexual Medicine menemukan bahwa durasi tidur yang lebih lama akan berpengaruh pada hasrat seksual yang lebih besar.

Fakta menunjukkan bahwa peningkatan jam tidur per satu jam, berpotensi membuka peluang bagi wanita sebesar 14 persen untuk memiliki gairah seks yang lebih besar, dibandingkan dengan mereka yang memiliki durasi tidur lebih singkat.

Hormon

Hormon menjadi salah satu pemicu perubahan mood dan keinginan untuk berhubungan seksual. Testosteron adalah salah satu hormon untuk mengendalikan seks wanita dan pria.

Saat tertidur, hormon testosteron akan meningkat dengan sendirinya secara bertahap. Jika seseorang tidak memiliki kualitas jam tidur yang baik, maka tubuh berpotensi mengalami penurunan kadar testosteron di pagi hari.

Penurunan kadar testosteron dapat menyebabkan insomnia, sehingga siklus tidur yang buruk akan memicu gairah seks yang buruk.



Simak Video "Cegah Cacar Monyet, WHO Minta Masyarakat Hindari Seks Bebas"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT