Bukan Tanda Tak Puas, Ini 3 Alasan Pasutri Bablas Tidur Usai Bercinta

ADVERTISEMENT

Bukan Tanda Tak Puas, Ini 3 Alasan Pasutri Bablas Tidur Usai Bercinta

Irene Putri Wibowo - detikHealth
Sabtu, 12 Nov 2022 22:00 WIB
Intimate moment of two lovers in shower, sexual desire and passion, relationship. ilustrasi seks
ilustrasi bercinta (Foto: Getty Images/iStockphoto/Motortion)
Jakarta -

Pasangan suami istri yang bercinta atau berhubungan seksual kerap merasa mengantuk setelahnya, hingga tertidur pulas. Hal ini membuat banyak pasangan bertanya-tanya, apakah normal setelah berhubungan seksual langsung tidur?

Dikutip dari Pulse, rasa lelah yang muncul setelah bercinta merupakan reaksi alami dari dalam tubuh manusia. Namun, seringkali wanita berpikir bahwa pria yang tertidur pulas setelah melakukan hubungan seksual (tidak melakukan foreplay), berarti tidak merasa puas.

Hal tersebut ternyata keliru. Bukan tanpa sebab, berikut tiga penyebab pasutri merasa 'ngantuk' setelah berhubungan seksual.

1. Rasa lelah

Saat melakukan seks di malam hari, otomatis tubuh sudah merasa lelah. Bercinta mengeluarkan tenaga, belum lagi aktivitas dalam sehari juga cukup menguras energi.

Maka dari itu, kebanyakan pasangan terutama pria memilih untuk tidur setelah melakukan hubungan seksual lantaran lelah. Pada dasarnya, hubungan seksual harus didasari dengan rasa 'santai'.

2. Hormon oksitosin

Seks membuat seseorang merasa rileks dan melepaskan hormon oksitosin. Hormon ini membantu menghilangkan kecemasan dan pikiran stres sehingga lebih mudah untuk tidur setelahnya.

3. Kebanyakan terjadi pada pria

Kebiasaan ini umumnya jarang terjadi pada wanita, bahkan jika mereka mencapai orgasme. Wanita tetap merasa setengah terangsang secara seksual dan mereka suka memanjakan diri dalam pelukan, cinta, dan percakapan pasca-seks.

Alasan lain mengapa pria tidur setelah berhubungan seks (dan bukan wanita) adalah saat berhubungan seks dan setelah klimaks, pengerahan tenaga dan kelelahan cenderung mengurangi glikogen penghasil energi di otot. Karena wanita memiliki massa otot yang lebih sedikit, mereka tidak merasa lesu setelah berhubungan seks.



Simak Video "Cegah Cacar Monyet, WHO Minta Masyarakat Hindari Seks Bebas"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT