Variasi Bercinta Ini Terbukti Paling Banyak Bakar Kalori

ADVERTISEMENT

Variasi Bercinta Ini Terbukti Paling Banyak Bakar Kalori

Alethea Pricila - detikHealth
Jumat, 25 Nov 2022 19:41 WIB
Shot of an affectionate young couple spending some quality time together in their bedroom at home
Variasi bercinta paling bakar kalori (Foto: Getty Images/PeopleImages)
Jakarta -

Seks kerap dikaitkan dengan pembakaran kalori yang mirip seperti olahraga. Aktivitas intim ini disebut setara dengan olahraga ringan hingga sedang. Tak hanya itu, dikutip dari Insider, beberapa penelitian menunjukan jumlah rata-rata yang terbakar saat berhubungan seks mirip seperti seseorang berolahraga di pusat kebugaran.

Meski begitu, perlu diketahui jumlah pasti kalori yang dapat dibakar oleh seks tergantung pada berat badan, durasi seks, dan faktor lainnya yang dilakukan pasangan. Hal ini mirip dengan mengukur pengeluaran kalori untuk aktivitas fisik, tidak ada jawaban yang pasti untuk setiap orang.

Berapa Banyak Kalori yang Dikeluarkan Ketika Seks?

Sebuah penelitian dari sebuah studi kecil tahun 2013 yang membandingkan pembakaran kalori pasangan muda yang sehat menghabiskan 25 menit berhubungan seks yang kemudian dibandingkan dengan ketika mereka berlari di atas treadmill selama 30 menit.

Hasilnya menunjukkan bahwa pria membakar rata-rata 101 kalori saat berhubungan seks, atau sekitar 4,2 kalori yang terbakar per menit. Sedangkan wanita membakar rata-rata 69 kalori saat berhubungan seks, atau sekitar 3,2 per menit.

Seks membakar kalori secara signifikan lebih sedikit dibanding ketika peserta yang sama berolahraga di treadmill. Saat mereka berolahraga, pria membakar 9,2 kalori per menit dan wanita membakar 7,1 kalori per menit. Ini artinya lebih dua kali lipat dari seks.

Studi lainnya pada tahun yang sama menyimpulkan hal yang serupa. Seorang pria berusia 30-an mungkin hanya membakar 21 kalori selama hubungan seksual jika dia berhubungan seks selama enam menit. Waktu ini adalah durasi rata-rata ketika berhubungan seks.

Seorang profesor kesehatan seksual dan reproduktif asal Indiana University School of Public Health, Debby Herbenick, PhD menyebutkan ada beberapa posisi seks yang dapat membantu pasangan mengeluarkan kalori yang lebih banyak. Ia menyebut posisi 'wheelbarrow' menjadi salah satu gaya seks yang direkomendasikan untuk karena mirip seperti olahraga kardio.



Simak Video "Cegah Cacar Monyet, WHO Minta Masyarakat Hindari Seks Bebas"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT