Dear Pasutri, 5 Manfaat Kesehatan Berikut Bisa Jadi Alasan untuk Bercinta Malam Ini

ADVERTISEMENT

Dear Pasutri, 5 Manfaat Kesehatan Berikut Bisa Jadi Alasan untuk Bercinta Malam Ini

Aletha Pricila - detikHealth
Sabtu, 26 Nov 2022 22:00 WIB
Couple is lying on the bed and making heart with their hands
Foto: Getty Images/praetorianphoto
Jakarta -

Berhubungan seks bagi pasangan suami-istri memiliki artinya sendiri. Tidak hanya sebagai salah satu cara untuk melakukan aktivitas seksual, tetapi bercinta dijadikan sebagai sarana mereka mengenal satu sama lain secara lebih dekat serta memperkuat ikatan emosional antarpribadi.

Tak hanya itu, hubungan intim juga bisa menjadi cara untuk menunjukkan kasih sayang dan cinta. Banyak orang juga merasa lebih aman dalam hubungan mereka jika sering berhubungan seks.

Frekuensi seksual menjadi suatu hal yang sangat penting untuk pasutri. Dikutip dari Pulse, semakin rendah frekuensi dan kepuasan seksual seseorang, semakin tinggi kemungkinan pasangan untuk bertengkar atau bahkan berpisah.

Suatu penelitian menunjukkan hubungan seksual yang dilakukan rutin selama seminggu menghasilkan pasangan yang bahagia. Meski tidak jarang orang lebih sedikit melakukan hubungan seks seiring bertambahnya usia, aktivitas ini penting dilakukan secara terjadwal demi menghasilkan kehidupan seksual yang sehat.

Manfaat Seks Bagi Pasutri

Kesehatan

Berbagai penelitian lain menemukan pentingnya seks dalam pernikahan. Seks juga membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Ini meningkatkan fungsi kognitif dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Emosional dan Psikologis

Sering berhubungan seks diketahui dapat melepaskan endorfin yang membantu membuat seseorang merasa baik, melawan depresi, dan menurunkan sifat mudah marah. Pentingnya seks dalam suatu hubungan yaitu saat merasakan rangsangan seksual, hormon oksitosin dilepaskan. Hormon tersebut membantu ikatan dan adanya perasaan nyaman.

Membakar Kalori

Sebuah penelitian menemukan bahwa selama 30 menit melakukan hubungan seks, rata-rata akan membakar sekitar 3,6 kalori per menit. Aktivitas intim ini sama dengan menaiki tangga atau melakukan jalan cepat. Jadi, jika seseorang tidak punya waktu untuk treadmill, seks teratur bisa menjadi alternatif.

Penghilang Stres

Manfaat berhubungan seks berikutnya adalah membantu mengatasi stres menjadi lebih baik karena melepaskan endorfin yang membuat seseorang merasa nyaman di dalam tubuh. Seks juga bisa membuat seseorang untuk rileks, hal inilah yang menjadi penyebab kebanyakan orang mudah tertidur lelap setelah berhubungan seks.



Simak Video "Populasi Menurun dalam 60 Tahun, Generasi Muda China Enggan Berkeluarga"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/suc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT