Kondom Tiba-tiba 'Nyangkut' di Dalam Miss V, Bagaimana Mengatasinya?

ADVERTISEMENT

Kondom Tiba-tiba 'Nyangkut' di Dalam Miss V, Bagaimana Mengatasinya?

Hana Nushratu - detikHealth
Sabtu, 17 Des 2022 05:00 WIB
Collection of colorful condomsSelective focus; shallow DOF
Bisakah kondom menyangkut di dalam Miss V? Begini kata para pakar. (Foto: istock)
Jakarta -

Selain sebagai kontrasepsi, penggunaan kondom saat berhubunan seks juga berguna untuk menghindari kemungkinan penularan penyakit menular seksual (PMS).

Namun, pada situasi tertentu kondom bisa tersangkut ke dalam vagina. Sebenarnya, bagaimana kondisi ini bisa terjadi?

Penulis buku 'PCOS SOS: A Gynecologist's Lifeline to Naturally Restore Your Rhythms, Hormones, and Happiness' Felice Gresh, MD menjelaskan vagina memiliki titik henti yakni leher rahim (serviks). Sehingga, kondom tidak akan masuk lebih dalam dibandingkan penis atau sex toy.

"Itu hanya tertinggal (just left behind)," ujar Felice yang dikutip dari Healthline.

Jika Kondom Tersangkut, Bagaimana Mengeluarkannya?

Ada dua kondisi jika kondom tertinggal di dalam vagina usai berhubungan seks, masih dapat dirasakan atau tidak sama sekali. Bagaimana jika keberadaan kondom masih bisa dirasakan?

"Saluran vagina hanya memiliki panjang 10 hingga 12 sentimeter. jadi biasanya pemilik vagina (atau pasangannya) dapat mencapai kondom," kata Ahli Urologi dan Spesialis Pengobatan Panggul Wanita The Center for Specialized Women's Health di New Jersey Michael Ingber.

Perlu diingat, menarik kondom yang tersangkut harus menggunakan jari yang bersih. Para ahli melarang penggunaan barang-barang lain, seperti pinset, pengeriting bulu mata, gunting, atau apa pun.

Sebab, jika benda tajam masuk ke dalam vagina akan berisiko mengikis atau melukai kulit halus vagina. Risiko lainnya, bisa saja benda itu tidak steril sehingga dapat menyebabkan infeksi jamur, bakteri, atau saluran kemih.

NEXT: Apa yang Harus Dilakukan?



Simak Video "Populasi Menurun dalam 60 Tahun, Generasi Muda China Enggan Berkeluarga"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT