8 Cara Tingkatkan Libido Wanita, Bikin Sesi Bercinta Lebih Intim

ADVERTISEMENT

8 Cara Tingkatkan Libido Wanita, Bikin Sesi Bercinta Lebih Intim

Muhammad Rofiq - detikHealth
Senin, 19 Des 2022 05:30 WIB
Eighteen plus, age limit, sign in neon style. Only for adults. Night bright neon sign, symbol 18 plus. Vector Illustration.
8 cara aman meningkatkan libido pada wanita. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Soifer)
Jakarta -

Banyak orang mengalami penurunan libido setelah proses kehamilan dan saat menyusui. Libido seseorang bisa rendah karena kecemasan, stres, atau ketidakseimbangan hormon karena perubahan dalam tubuh. Selain itu, gangguan seksual juga dapat menyebabkan hilangnya libido. Dikutip dari Flo.Health berikut adalah tips yang bisa dilakukan untuk meningkatkan libido:

1. Berolahraga Lebih Banyak

Olahraga penting untuk menjaga kesehatan, dan penyedia layanan kesehatanmu mungkin menyarankan kamu menambahkannya (atau menambahkan lebih banyak) untuk membantu meningkatkan libido. Baik itu yoga, joging, atau olahraga favoritmu. Olahraga adalah penguat libido alami yang hebat dan bisa didapatkan secara gratis.

2. Mengendalikan Stres

Stres terkadang bisa menjadi indikasi bahwa sudah waktunya untuk membuat beberapa perubahan gaya hidup sehat. Ketika kamu memiliki cara yang sehat untuk mengelola stres, itu dapat membantu tubuh rileks dan membantu meningkatkan libido kamu.

3. Bicaralah dengan Pasangan

Melakukan percakapan yang terbuka dan jujur dengan pasanganmu bisa menjadi cara yang baik untuk menghilangkan kekhawatiran dari pikiranmu dan mengatasi masalah yang sedang terjadi. Cobalah meluangkan waktu 20 menit untuk berbicara dengan pasangan tanpa gangguan ponsel atau televisi.

4. Membumbui Kehidupan Cinta

Jika kamu bosan dengan kehidupan seks, itu bisa menyebabkan masalah libido. Kamu dapat mencoba membumbui kehidupan cinta dengan menambahkan sesuatu yang baru ke rutinitas kamu.

5. Tidur yang Cukup

Gaya hidup yang sibuk dapat membuat sulit untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak, membuat kamu merasa lelah dan stres di siang hari. Tidur penting bagi tubuh kamu untuk berfungsi secara normal. Selain itu, tidur yang cukup bisa sangat membantu untuk meningkatkan gairah seks kamu.

6. Konsultasi dengan Penyedia Layanan Kesehatan

Sebelum memulai segala jenis perawatan atau terapi, langkah pertama yang kamu lakukan mungkin berbicara dengan penyedia layanan kesehatan. Mereka dapat membantu untuk mengetahui apakah masalah libido kamu disebabkan oleh stres atau masalah mendasar lainnya. Penurunan libido bisa jadi akibat dari masalah pelumasan atau kondisi kesehatan medis.

7. Obat-obatan

Penyedia layanan kesehatan mungkin menyarankan kamu menggunakan obat untuk mengobati penurunan libido. Beberapa orang percaya bahwa suplemen herbal dapat membantu mengatasi libido rendah, tetapi belum ada cukup data untuk mendukung hal ini. Bicaralah dengan penyedia layanan kesehatan sebelum mencoba obat atau suplemen.

8. Perawatan Hormon

Ketidakseimbangan hormon juga dapat menyebabkan penurunan libido. Penyedia layanan kesehatan mungkin menyarankan terapi penggantian hormon yang dapat membantu kamu menuju seks yang sehat dan menyenangkan.



Simak Video "Populasi Menurun dalam 60 Tahun, Generasi Muda China Enggan Berkeluarga"
[Gambas:Video 20detik]
(Muhammad Rofiq/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT