Nggak Perlu Minder! Ini 7 Bentuk-bentuk Vagina Ini Normal Kok

ADVERTISEMENT

Nggak Perlu Minder! Ini 7 Bentuk-bentuk Vagina Ini Normal Kok

Fadilla Namira - detikHealth
Jumat, 23 Des 2022 05:00 WIB
ilustrasi vagina selaput dara seks
Ilustrasi vagina. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Adene Sanchez)
Jakarta -

Struktur luar vagina yang disebut vulva bervariasi pada setiap wanita, mulai dari bentuk hingga warnanya. Akan tetapi, bentuknya yang terlihat 'unik' terkadang mendatangkan pertanyaan bagi wanita 'apakah ini normal'?

Hasil studi oleh Data Bedah Kosmetik Nasional pada 2017 menunjukkan bahwa labiaplasti meningkat sebesar 213 persen dari 2012-2017. Labiaplasty adalah prosedur bedah plastik guna mengubah lipatan-lipatan kulit (labia) di sekitar vulva.

Itu berarti, semakin banyak orang mencari prosedur kosmetik tersebut untuk mengubah penampilan vagina. Dokter spesialis obgyn dan kesehatan wanita, dr Sherry Ross menyebut, adalah hal wajar jika bentuk vagina berbeda-beda. Jadi, pembedahan plastik tidak perlu dilakukan selagi kondisinya tersebut masih normal.

Lalu, seperti apa bentuk vagina yang dikatakan normal? Berikut rinciannya dikutip dari Insider:

1. Labia Tidak Simetris

Tipe ini ditandai dengan salah satu labia berbentuk lebih dominan atau tebal ketimbang lainnya. Bentuk ini sangat normal dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

2. Labia Dalam dan Luar Besar

Sangat wajar jika wanita memiliki bentuk vagina ini. Biasanya, bentuk ini memperlihatkan ukuran labia dalam dan luar lebih besar atau menonjol.

3. Labia Luar Menonjol

Beberapa wanita memiliki bibir vagina luar yang lebih kecil dan pendek. Hal ini mengakibatkan posisi labia dalam sedikit keluar. Terkadang, bentuk ini memicu ketidaknyamanan fisik karena lebih banyak kulit vagina sensitif yang terbuka.

4. Labia Dalam Menonjol

Jenis labia ini menunjukan labia dalam (minor) memanjang keluar sehingga terlihat lebih menonjol. Labia dalam menonjol mengakibatkan bentuk dalam miss V tampak lebih jelas.

5. Labia Kecil

Cukup jarang terjadi, namun pernahkah labia terselip di vulva? Bila iya, berarti kemungkinan wanita mempunyai bentuk vagina ini. Jenis ini juga bisa ditandai dengan bibir luar vagina Anda lebih besar dan menutupi labia minornya.

6. Klitoris Besar

Tidak hanya lipatan (labia), ukuran klitoris juga berdampak pada bentuk vagina. Klitoris terbuat dari jaringan lunak dan akan membesar bila terangsang. Ukuran bisa sebesar kacang polong atau ibu jari.

7. Labia Luar Melengkung

Selain labia kecil, bentuk vagina yang cukup langka adalah bibir luar melengkung sehingga terlihat seperti bunga. Meski terdengar aneh, banyak wanita menginginkannya karena terlihat cantik dan menarik.

Meskipun ini tidak perlu dikhawatirkan, bentuk unik vagina mungkin tetap mengganggu dan timbul risiko, seperti:

  • Labia yang terlalu tebal mungkin akan bergesekan dengan pakaian sehingga memicu kemerahan dan iritasi.
  • Terasa sedikit menyakitkan ketika berolahraga, seperti bersepeda, berlari, atau berjalan.
  • Berhubungan seks mungkin tidak nyaman atau memalukan.


Simak Video "Populasi Menurun dalam 60 Tahun, Generasi Muda China Enggan Berkeluarga"
[Gambas:Video 20detik]
(Fadilla Namira/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT