4 Tips Dongkrak Gairah Bercinta Buat Pasutri, Meluap-luap Seperti Awal Menikah

ADVERTISEMENT

4 Tips Dongkrak Gairah Bercinta Buat Pasutri, Meluap-luap Seperti Awal Menikah

Celine Kurnia - detikHealth
Sabtu, 21 Jan 2023 22:00 WIB
Closeup side view of late 20s couple kissing in bed which probably leads to some love making. They are both still wearing pajamas and everything is decent.
Ilustrasi bercinta (Foto: Istock)
Jakarta -

Bercinta seharusnya menjadi hal yang menyenangkan bagi pasangan. Namun beberapa faktor, seperti stres atau sibuk karena pekerjaan sering membuat pasangan tidak bergairah. Bagaimana cara meningkatkan gairah agar diri sendiri dan pasangan saling menikmati saat 'eksekusi' di ranjang? Berikut empat caranya seperti dikutip dari The Guardian.

1. Ketahui penyebab turunnya gairah seks

Kondisi medis, seperti diabetes atau penyakit jantung dapat menurunkan gairah karena dipengaruhi oleh obat-obatan. Trauma dan sedang berproses mengalami hidup yang sulit juga dapat menurunkan gairah tersebut. National Survey of Sexual Attitudes and Lifestyles (Natsal) melaporkan bahwa 34 persen wanita dan 15 persen pria yang aktif secara seksual di Inggris kehilangan gairah seks selama 3 bulan atau lebih dalam kurun waktu setahun.

2. Jalin komunikasi yang baik dengan pasangan

Natsal menyimpulkan bahwa merasa sulit untuk berbicara tentang seks atau masalah lain dengan pasangan bisa menyebabkan berkurangnya hasrat seks. Karenanya, disarankan untuk menjalin komunikasi yang baik dengan pasangan agar lebih intim satu sama lain.

"Banyak pasangan tidak berkomunikasi dan akhirnya menghindari seks. Komunikasi terbuka meningkatkan kemungkinan gairah Anda bangkit kembali," kata Cynthia Graham, profesor kesehatan seksual dan reproduksi di University of Southampton.

3. Istirahat yang cukup

Penelitian di AS menemukan bahwa tidur kurang dari 5 jam sehari mengurangi kadar hormon testosteron pada laki-laki sebesar 10-15 persen. Kurang tidur juga mengurangi gairah pada wanita. Sebuah studi pada 2015 menyimpulkan wanita yang tidur lebih lama memiliki kemungkinan 14 persen melakukan hubungan seksual keesokan harinya. Oleh sebab itu, istirahat yang cukup demi meningkatkan hormon pemacu libido.

4. Rileks

Selain menghilangkan gairah seks, stres juga berpotensi merusak fungsi organ tubuh lainnya, misalnya sistem pencernaan, kekebalan tubuh, dan dorongan reproduksi. Olahraga, yoga, dan meditasi adalah pilihan tepat untuk membuat tubuh rileks.



Simak Video "Populasi Menurun dalam 60 Tahun, Generasi Muda China Enggan Berkeluarga"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/suc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT