Pasutri Ingat! Ini 4 Hal yang Perlu Dilakukan Setelah Bercinta

ADVERTISEMENT

Pasutri Ingat! Ini 4 Hal yang Perlu Dilakukan Setelah Bercinta

Celine Kurnia - detikHealth
Minggu, 22 Jan 2023 05:00 WIB
Ilustrasi hubungan seks suami istri
Hal yang perlu dilakukan setelah bercinta (Foto: Getty Images/iStockphoto/Ivanko_Brnjakovic)
Jakarta -

Hubungan seksual merupakan sumber kesenangan dan kepuasan. Namun, terkadang bercinta membuat frustrasi karena rasa sakit, ketidaknyamanan, dan masalah lain seperti infeksi dan iritasi. Untuk menghindari masalah tersebut, berikut ini beberapa hal yang perlu dilakukan setelah berhubungan seksual, seperti dikutip dari WebMD.

1. Bersihkan area kemaluan

Setelah bercinta, sebaiknya selalu membersihkan area kemaluan bagian luar dengan lembut agar terhindar dari infeksi saluran kemih (ISK). Cuci area sekitar kemaluan dengan air hangat dan sabun. usahakan gunakan sabun non pewangi di sekitar area kewanitaan untuk menghindari iritasi pada kulit yang sensitif.

2. Buang air kecil

Saat berhubungan seks, bakteri bisa masuk ke saluran uretra. Bercinta dapat meningkatkan peluang terkena infeksi. Maka dari itu, segera buang air kecil untuk membuang bakteri penyebab infeksi selepas berhubungan. Bagi wanita, bersihkan area kemaluan dari depan ke belakang untuk menghentikan penyebaran bakteri.

3. Pakai pakaian longgar

Bercinta membuat tubuh panas dan berkeringat. Akibatnya, tubuh menjadi tempat sempurna bagi bakteri dan jamur untuk berkembang biak. Pakai pakaian yang memudahkan sirkulasi udara bagi tubuh. Wanita sebaiknya menghindari pantyhose, korset, dan celana dalam yang terlalu ketat. Celana dalam katun cocok untuk pria dan wanita karena bersifat menyerap kelembaban. Bisa juga tidur tanpa menggunakan pakaian sama sekali.

4.Hidrasi tubuh

Ketika aktivitas seksual berlangsung, energi terkuras sekaligus tubuh mengalami dehidrasi, sehingga asupan air dalam tubuh perlu diperhatikan. Tetap terhidrasi dapat membantu mencegah bakteri penyebab penyakit kandung kemih pada wanita.



Simak Video "Populasi Menurun dalam 60 Tahun, Generasi Muda China Enggan Berkeluarga"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/suc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT