6 Penyebab Gairah Seksual 'Ngedrop', Runyam Kalau Tak Teratasi

ADVERTISEMENT

6 Penyebab Gairah Seksual 'Ngedrop', Runyam Kalau Tak Teratasi

Fitriana Fatmawati - detikHealth
Senin, 23 Jan 2023 10:11 WIB
Couple is lying on the bed and making heart with their hands
Penyebab gairah seks meredup (Foto: Getty Images/praetorianphoto)
Jakarta -

Gairah seksual yang menurun menjadi salah satu rintangan dalam kenikmatan seksual bersama pasangan. Lambat laun, kurangnya pemenuhan seksual bisa menimbulkan perpecahan di antara pasangan.

Dikutip dari WebMD dan India Times, sebaiknya hindari kebiasaan-kebiasaan ini yang tanpa disadari bisa menurunkan gairah seksual suami dan istri.

1. Stres

Stres berdampak buruk pada hubungan seksual seseorang. Selain membuat sedih, jengkel, dan emosional, stres bisa memengaruhi kehidupan seks. Stres meningkatkan kadar hormon yang disebut kortisol serta menurunkan hormon testosteron dan estrogen, yang dapat memengaruhi gairah seks.

Agar terhindar dari stres, pastikan jalani gaya hidup sehat. Diet seimbang, minum banyak air, tidur nyenyak, berolahraga teratur, berlatih relaksasi dan yoga yang memiliki pengaruh langsung terhadap kehidupan seksual bebas stres.

2. Bertengkar dengan Pasangan

Kemarahan yang terpendam, ketidakmampuan untuk membicarakan masalah, konflik yang tidak terselesaikan, serta gejolak emosi antar kedua pasangan ternyata dapat mengurangi gairah seksual. Untuk itu hindari saling menyalahkan satu sama lain dan bangun suasana romantis yang dapat mempererat hubungan keduanya.

3. Alkohol

Bagi sebagian orang minum alkohol dapat memberikan dorongan seksual, namun ternyata terlalu banyak minum alkohol dapat mematikan gairah seksual.

"Alkohol dapat meningkatkan hasrat seksual dan membuat Anda merasa asmara pada awalnya, tetapi terlalu banyak minum membuat kinerja menjadi rusak," tutur dr Vinay Singh dari Max Health Care.

4. Begadang

Jika aktivitas seksual hilang, penyebabnya bisa jadi kurang tidur, kurang tidur ternyata dapat menguras kadar testosteron pada pria. Para peneliti menemukan tidur malam yang nyenyak dapat meningkatkan energi, suasana hati, dan dorongan seks kepada pria.

Selain itu, pria yang memiliki ketidakmampuan bernapas dengan baik saat tidur (mendengkur) diketahui memiliki libido yang lemah. Kunjungi dokter jika hal tersebut dirasa mengganggu.



Simak Video "Populasi Menurun dalam 60 Tahun, Generasi Muda China Enggan Berkeluarga"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT