16 Cara Mengatasi Keputihan dengan Obat Alami, Herbal, dan Medis

ADVERTISEMENT

16 Cara Mengatasi Keputihan dengan Obat Alami, Herbal, dan Medis

Maryam Mazaya - detikHealth
Minggu, 19 Mar 2023 20:18 WIB
ilustrasi vagina
Ilustasi vagina. bagaimana cara mengatasi keputihan berlebihan? Foto: iStock
Jakarta -

Keputihan adalah hal lumrah pada tiap wanita. Saat vaginal discharge, daerah pribadi wanita mengeluarkan cairan yang bertujuan menjaga kelembaban, kebersihan, dan kesehatan areal tersebut.

Sayangnya dengan berbagai faktor kerap terjadi keputihan abnormal yang ditandai aroma tidak sedap, berwarna, jumlah lebih banyak, nyeri, dan gatal. Bagaimana cara mengatasi keputihan? Ini penjelasannya

16 Cara Mengatasi Keputihan dengan Herbal, Alami, Medis

Tersedia beberapa opsi untuk mengatasi keputihan berlebihan. Sebelum menjatuhkan pilihan, pastikan telah berkonsultasi pada dokter sehingga diperoleh hasil terbaik

A. Cara mengatasi keputihan dengan herbal dan alami

Ketika tidak terjadi perbaikan, jangan segan untuk memeriksakan diri pada dokter. Selain pengobatan, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan.

1. Minum Teh Fenugreek

Dikutip dari Healthwire, teh fenugreek adalah salah satu cara mengatasi keuputihan dengan konsumsi herbal. Fenugreek atau kelabat sebetulnya adalah bumbu untuk makanan di wilayah Timur Tengah, India, dan Mesir.

Teh fenugreek terbuat dari beberapa butir biji tanaman yang direbus dengan 500 ml air putih. Setelah air tersisa setengah dari sebelumnya, hasil rebusan bisa diminum dalam kondisi hangat

2. Mengkonsumsi lady finger atau okra

Okra yang tumbuh di wilayah Indonesia dikenal sebagai tumbuhan kaya nutrisi. Tidak heran jika salah satu manfaatnya adalah mengatasi keputihan tidak normal dengan cara alami.

Bagi yang ingin mencoba cara ini, okra bisa direbus lebih dulu dalam air. Selanjutnya okra dihaluskan dan dicampur menggunakan mixer menjadi puree atau hidangan lain. Campuran okra sebaiknya dikonsumsi saat perut posong.

3. Minum ramuan berbahan tulsi

Tulsi atau kemangi suci adalah herbal dala kitan pengobatan Ayurveda. Di beberapa negara, tulsi digunakan sebagai bahan masakan sehingga selalu tersedia di dapur rumah tangga.

Untuk mengatasi keputihan, daun tulsi dihaluskan lebih dulu lalu diperas airnya. Hasil perasan kemudian dicampur madu atau susu. Herbal tulis dipercaya dapat membantu memulihkan keputihan.

4. Menggunakan air rebusan beras

Cara mengatasi keputihan ini bisa dicoba bagi yang memasak nasi dengan cara merebus. Air rebusan beras yang diminum teratur dipercaya bisa membantu mengatasi vaginal discharge. Selain murah, metode ini dinilai cukup efektif.

5. Menambahkan yogurt pada pola makan sehari-hari

Yogurt mengandung bakteri sehat yang berperan penting menciptakan vagina sehat. Bakteri ini menciptakan lingkungan dengan tingkat keasaman seimbang sehingga keputihan menjadi normal.

Riset menunjukkan, konsumsi yogurt meningkatkan mikrobiom dalam saluran pencernaan. Mikrobiom inilah yang mengurangi jamur penyebab keputihan abnormal pada wanita.

6. Menggunakan minyak kelapa

Minyak kelapa diperoleh dari daging kelapa yang memiliki banyak manfaat. Salah satunya anti jamur yang menjadikannya cara mengatasi keputihan yang cukup efektif.

7. Membersihkan area vagina dengan cairan daun jambu

Daun jambu dipercaya sebagai cara mengatasi keputihan, dengan cairan berwarna kuning hijau dengan bau tidak sedap dan putih susu seperti keju. Cairan daun jambu digunakan teratur 2-3 kali sehari.

Bahan yang digunakan adalah air mendidih dan beberapa lembar daun jambu biji. Daun direndam dalam air mendidih selama 3-5 menit sebelum digunakan untuk membersihkan area kewanitaan.

8. Mengkonsumsi pisang

Pisang bisa menjadi pilihan cara mengatasi keputihan alami. Buah ini mengandung serat untuk membantu wanita yang mengalami keputihan abnormal. Selain pisang yang telah matang, buah dan makanan sehat lain bisa digunakan untuk mengatasi vaginal discharge abnormal.

9. Makan sawi putih, kubis, lemon, melon, dan delima

Jenis makanan ini mampu menciptakan kondisi pH seimbang pada vagina. Dikutip dari Tua Sa├║de, makanan ini juga menyeimbangan keasaman dalam darah. Hasilnya flora alami tumbuh menciptakan vagina yang lebih sehat.

10. Suplemen bawang putih

Dikutip dari Medical News Today, suplemen bawang putih bisa menciptakan lingkungan vagina yang sehat. Bawang putih memiliki efek anti bakteri sehingga bisa membantu mengatasi keputihan berlebih.

Efek bawang putih ini mirip metronidazole yang merupakan antibiotik oral. Sebagai catatan, bawang putih yang digunakan adalah sediaan oral bukan dalam bentuk mentah atau produk lain yang ditempatkan pada vagina.

11. Minum Air Putih yang Cukup

Ini adalah cara yang sangat mudah untuk mengurangi keputihan. Pasalnya, hal ini bisa membantu kamu mengatasi infeksi vagina dan dapat mengeluarkan racun dari tubuh.

12. Jaga Kebersihan Vagina

Sangat penting untuk menjaga kebersihan miss v kalian untuk menghindari atau mengatasi keputihan. Detikers bisa lakukan cara berikut untuk menjaga kebersihan vagina:

  • Rajin membersihkan dan lap hingga kering area genital
  • Gunakan pakaian dalam yang berbahan katun agar sirkulasi udaranya lebih baik
  • Saat menstruasi, jangan pakai celana dalam ya ketat ya!
  • Saat merasa area genital teriritasi, detikers bisa mengubah deterjen pencuci pakaian dalamnya ya!
  • Jangan terlalu sering berendam di air panas ya detikers
  • Hindari menggunakan pakaian dalam ketat saat tidur
  • Jangan pakai produk semprot pada vagina, tisu toilet yang berwarna yang diberi parfum, serta pembalut atau pantyliner yang mengandung deodorant ya detikers
  • Nah detikers, lebih baik membersihkan bagian kewanitaan dengan air mengalir dan diseka/dikeringkan. Lalu kamu sebaiknya mengusap dari depan ke belakang agar tidak memindahkan bakteri dari anus ke organ kewanitaan yang bisa menjadi penyebab keputihan.
  • Harus tetap jaga vagina agar kering dan jangan lembab ya detikers!

B. Cara mengatasi keputihan dengan medis

Alternatif cara ini hanya bisa diberikan sesuai resep dokter. Tentunya, dokter akan memberikan obat sesuai hasil diagnosa.

1. Metronidazole

Obat dengan bahan aktif ini biasanya tersedia dalam bentuk pil dan gel. Sebagai pengobatan topikal, gel dioles hingga bibir vagina. Selama perawatan wajib menghindari alkohol untuk mengurangi risiko sakit perut dan mual.

2. Klindamisin

Situs Mayo Clinic menjelaskan, bahan aktif ini tersedia dalam bentuk krim yang dioleskan hingga bibir vagina. Penggunaan krim klindamisin biasanya berefek pada penggunaan kondim lateks hingga tiga hari.

3. Tinidazol

Obat dengan bahan aktif ini biasa dikonsumsi secara oral sesuai resep dokter. Tinidazol sebagai alternatif cara mengatasi keputihan berisiko mengakibatkan mual dan sakit perut. Karena itu, wajib menghindari alkohol selama pengobatan.

4. Secnidazole

Bahan aktif ini adalah antibiotik yang biasanya diminum satu kali sehari. Obat ini diminum dengan cara ditaburkan dalam makanan lunak yang akan dikonsumsi. Makanan dengan taburan secnidazole harus habis paling lama 30 menit.

Jadi, itu dia tips atau cara mengatasi keputihan untuk para wanita. Semoga selalu sehat ya detikers.



Simak Video "Mengenal Teknologi Chip 'Vagina': Fungsi hingga Cara Kerja"
[Gambas:Video 20detik]
(row/row)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT