Kamis, 02 Apr 2015 16:34 WIB

True Story

Punya Kondisi Langka, Kelly Bisa Tersungkur Lemas Setiap Kali Tertawa

- detikHealth
Illustrasi: Thinkstock Illustrasi: Thinkstock
Dublin - Emosi bahagia, sedih, atau marah tak bisa Jodie Kelly (19) ekspresikan secara lepas tanpa membuatnya terjatuh lemas. Remaja yang berasal dari Dublin, Irlandia, ini mempunyai kondisi langka di mana ia bisa kehilangan kontrol otot-ototnya ketika mengalami lonjakan emosi.

Apa yang dialami oleh Kelly disebut katapleksi, sebuah kondisi neurologis yang serangannya bisa beragam mulai dari lutut terasa lemas sampai kolaps total di lantai. Satu periode serangan biasanya terjadi hanya beberapa detik namun ada juga yang sampai 30 menit.

Kelly mengaku pertama kali mengalami katapleksi saat dirinya tertawa pada candaan film Harry Potter. Sejak saat itu ia selalu menjaga dirinya untuk tak menonton tayangan yang bisa memicu emosi.

Baca juga: Vaksin Flu Babi Membuat Anak Ini Tidur 20 Kali Sehari

"Saya bisa merasa lutut seperti hilang ketika saya mulai tertawa. Saya pernah keluar malam lalu tiba-tiba kolaps ketika tertawa karena merasa senang dan orang-orang pun langsung datang menolong. Terkadang sungguh sulit untuk tidak tertawa dan saya sekarang harus belajar mengontrol emosi lebih baik," kata Kelly seperti diberitakan Inquisitr dan dikutip dari berbagai sumber pada Kamis (2/4/2015).

Bibi Kelly yang seorang peneliti terkait tidur adalah orang yang pertama kali mendiagnosa kondisinya. Spesialis menduga bahwa infeksi tenggorokan yang diidap Kelly sewaktu berusia 12 tahun mungkin yang jadi pemicu.

Dalam sehari Kelly bisa mengalami serangan katapleksi 10 kali, dan tiap kali ia pun berusaha mengontrol jatuhnya.

"Saya selalu khawatir suatu saat saya akan terjatuh dan melukai diri sendiri. Sekarang tapi saya bisa merasakan kapan hal ini akan terjadi," kata Kelly seperti diberitakan Daily Mail.

"Untungnya saya mempunyai teman-teman dan keluarga fantastis yang menemani saya. Mereka benar-benar membantu saya menghadapi kondisi ini dan membuat saya merasa aman ketika pergi bersama orang yang mengerti," tutup Kelly.

Baca juga: Narkolepsi

(fds/vta)