Dikira Radang, Ternyata Ada Lintah di Tenggorokan Bocah Ini

ADVERTISEMENT

True Story

Dikira Radang, Ternyata Ada Lintah di Tenggorokan Bocah Ini

- detikHealth
Rabu, 08 Apr 2015 11:35 WIB
(Foto: Central European News)
Sichuan, Tiongkok -

Orang tua bocah ini kebingungan. Suatu hari, putra mereka mendadak mengeluh pusing dan tenggorokannya meradang. Bahkan ia sempat pingsan karenanya. Tak mau terjadi apa-apa pada sang buah hati, mereka pun memutuskan membawanya ke dokter.

Menurut penuturan sang ibu, Xiang Tungn (33), ia awalnya hanya mengira putranya yang bernama Xiaobo Chien (11) itu terserang flu. "Sebab ia mengatakan kepalanya pening dan tenggorokannya meradang," tutur Tung.

Anehnya, Chien beberapa kali pingsan, dan orang tuanya tak percaya jika Chien bisa kehilangan kesadaran hanya karena radang. Penasaran, Chien pun diperiksakan ke dokter.

Sesampainya di rumah sakit, betapanya terkejutnya sang dokter karena menemukan lintah sepanjang 7 cm di dalam tenggorokan Chien. Namun baik orang tua Chien dan dokter tak tahu bagaimana bisa ada lintah di dalam tenggorokan bocah ini.

Baca juga: Ada 'SpongeBob' Terjebak di Kerongkongan Balita Ini
 
Belakangan Chien mengaku kira-kira sebulan sebelum gejala pening dan radangnya muncul, ia meminum air dari kolam yang ada di pinggir jalan yang dilewatinya ketika pulang sekolah. Dokter meyakini air yang sedianya digunakan untuk irigasi tersebut mengandung larva lintah.

"Ia tak pernah mengungkapkannya, jadi kami tidak mencurigai apapun," tandas Tung seperti dikutip dari Metro.co.uk, Rabu (8/4/2015).

Lintah ini diperkirakan tumbuh di dalam saluran pernapasan bocah berusia 11 tahun itu selama beberapa minggu. Selain itu karena lintah ini tumbuh di dalam saluran pernapasan Chien, maka tiap kali lintahnya bergerak, ia akan menutup saluran tersebut dan menyebabkan Chien mudah pingsan.
 
Untungnya lintah itu tidak memicu infeksi tertentu pada tubuh Chien, sehingga tim dokter dapat mengeluarkannya tanpa ada komplikasi atau masalah berarti. Setidaknya ini menjadi pelajaran berharga bagi Chien yang kemudian berjanji tak akan meminum air dari sembarangan tempat lagi.
 
"Aku takkan minum air dari kolam sembarangan lagi," sesalnya.
 
Baca juga: Telinga Kemasukan Benda Asing? Begini Penanganannya Menurut Dokter THT

(lil/vit)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT