Kamis, 10 Sep 2015 15:35 WIB

Susu Formula Tercampur Vodka, Bayi 6 Minggu Nyaris Tewas

Firdaus Anwar - detikHealth
Foto: Thinkstock/Rauluminate
Wisconsin - Dalam sebuah kejadian yang tak disengaja, bayi berumur 6 minggu nyawanya sempat terancam karena ia keracunan akibat meminum susu formula bercampur alkohol.

Bayi yang berasal dari Wisconsin, Amerika Serikat, tersebut dikatakan oleh juru bicara kepolisian Bradley Hetlet memiliki tingkat alkohol 0.294 dalam darahnya. Pada orang dewasa 0.294 sudah tiga kali lipat melebihi batas legal ia diizinkan untuk mengemudi.

Bardley mengatakan tim penyedik percaya bahwa insiden ini murni kecelakaan sehingga orang tua bayi tak akan dikenai hukuman. Sang ayah tapi dikenai hukuman secara terpisah karena pertengkaran yang terjadi setelahnya.

Baca juga: Bayi 10 Bulan Kritis Usai Minum Susu yang Dicampur Alkohol Oleh Pamannya

Kejadian bermula ketika sang ibu mengisi botol air yang niatnya digunakan untuk bayi, lalu kemudian meninggalkan dapur. Tak lama datang sang ayah yang mengosongkan botol dan mengisinya dengan vodka (sejenis minuman alkohol) untuk di bawa ke rumah teman.

Ketika ibu kembali lagi ke dapur ia menggunakan 60 mililiter air yang ada dalam botol untuk membuat susu formula bayi. Orang tua baru menyadari ada yang salah ketika bayi mulai bertingkah aneh.

"Lalu mulailah permainan saling menyalahkan," kata Bardley seperti dikutip dari Reuters pada Kamis (10/9/2015).

Beberapa kali ayah dan ibu bayi terlibat dalam pertengkaran sementara polisi dan petugas sosial yang datang ke lokasi langsung membawa bayi ke rumah sakit terdekat. Beruntung kondisi dapat ditangani dan bayi bisa dijadwalkan pulang secepatnya.

Baca juga: Ibu Hamil Minum Alkohol atau Tidak Bisa Dilihat dari Feses Pertama Bayi (fds/up)