Senin, 18 Jan 2016 15:02 WIB

True Story

Kisah Gemma, Hanya Berbobot 28 Kg Gara-gara Anoreksia dan Bulimia

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: Caters News Agency Foto: Caters News Agency
Gold Coast - Para wanita biasanya selalu mengidam-idamkan punya tubuh kurus, namun tidak bagi Gemma Walker (22). Ia justru harus menaikkan berat badannya yang hanya 28 kg.

Ya, Walker didiagnosis dengan anoreksia dan bulimia di usia 14 tahun. Saat itu dokter bahkan sudah memperingatkan Walker dan orang tuanya, bahwa jika tak segera diatasi maka kematian bisa mengancam dirinya.

Sejak saat itu, Walker menjalani perawatan intensif di rumah sakit, khususnya pengobatan gizi dan diet. Walker menceritakan bahwa dirinya harus mengonsumsi sekitar 6.500 kalori setiap harinya untuk menaikkan berat badan.

"Masa-masa pengobatan saat itu benar-benar menyiksa saya. Kurang dari tujuh bulan berat badan saya naik 40 kg. Awalnya sangat berat, tapi saya sadar saya harus melakukannya untuk kembali sehat," tutur Walker, seperti dikutip dari Daily Mail, Senin (18/1/2016).



Sang ayah, Steve, turut merasakan perjuangan putrinya. Ia bahkan mengaku saat itu selalu ke kamar tidur Walker tiap pagi, hanya untuk memeriksa apakah putrinya tersebut masih bernapas.

"Itu merupakan saat-saat paling menyedihkan dalam keluarga kami. Saya selalu takut saat ke kamarnya setiap pagi. Bahkan setiap malam pun saya duduk di samping tempat tidurnya dan menemaninya. Saat itu ia benar-benar tak berdaya," ujar Steve.

Tujuh tahun memperbaiki pola makan dan menyembuhkan diri, kini Walker sudah tampak lebih sehat dan berisi. Ia kini juga sudah bisa lebih banyak melakukan aktivitas sehari-sehari seorang diri.

Ia masih menyimpan foto-foto saat dirinya masih sangat kurus dan harus 'berjuang' melawan dirinya sendiri. Ia bahkan berencana ingin menyebar foto-foto tersebut agar orang-orang tahu betapa membahayakannya anoreksia dan bulimia.

Baca juga: Studi: Anoreksia Mungkin Adalah Sebuah Kebiasaan, Bukan Kemauan

(ajg/vit)