Rabu, 02 Mar 2016 09:34 WIB

True Story

Meski Sulit Berjalan, Bocah dengan Cerebral Palsy Ini Berhasil Ikut Triathlon

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Bailey Matthews dan sang ayah, Jono (Foto: Cactus Image)
London - Di usia 18 bulan, Bailey Matthews didiagnosis cerebral palsy. Namun, di bulan Juli 2015, bocah berusia 9 tahun ini sukses menginspirasi banyak orang setelah ia berhasil mengikuti triathlon.

Bulan Juli lalu, Bailey yang harus berusaha keras agar bisa berjalan menjadi inspirasi bagi orang di sekitarnya setelah sebuah video yang memperlihatkan dia berhasil mencapai garis finish di Castle Howard Triathlon menjadi viral. Saat itu, Bailey bisa menyelesaikan tantangan berenang 100 meter, bersepeda 4 km, dan berlari sejauh 1,3 km dengan didampingi ayahnya.

Baca juga: Noah, Bocah yang Ikut Triathlon Mini Sambil Mendorong Kursi Roda Adiknya

Kebetulan, ayah Bailey, Jono Matthew juga atlet triathlon. Dia pulalah yang melatih Bailey berenang dan merancang sepeda khusus untuk Bailey berlatih. Setelah melihat video kemenangan Bailey, perusahaan pakaian triathlon, Huub bersedia menjadi sponsor acara triathlon untuk anak penyandang disabilitas lainnya yang bertema 'Be More Bailey Triathlon'.

"Ide ini muncul supaya semua orang bisa menjadi bagian dari triathlon. Termasuk juga anak dengan disabilitas. Di sini juga tidak ada pemenang karena kami hanya ingin memberi ruang untuk anak difabel berekspresi, bahkan ketika mereka sebelumnya belum pernah berkompetisi," tutur Jono kepada Today.

Dalam acara yang bakal digelar pada 17 Juli mendatang, para orang tua dan peserta juga boleh berdonasi. Nantinya, dana yang terkumpul akan disalurkan kepada mereka yang membutuhkan. Menurut Jono, putranya amat antusias dengan acara ini. Bailey berharap banyak anak-anak yang mau mengikuti acara ini.

Bahkan, untuk persiapan, mulai sekarang Bailey berlatih triathlon setidaknya tiga kali seminggu bersama sang ayah. "Bailey anak yang manis, aktif, atletis, dan humor. Menjadi kebanggaan tersendiri bagi saya saat dia membuktikan dirinya bisa melakukan triathlon tanpa alat bantu apapun," tutup Jono.

Baca jugaMeski Lumpuh Karena Cerebral Palsy, Pria Ini Berhasil Raih Gelar Doktor (rdn/up)