Jumat, 15 Apr 2016 14:35 WIB

Diserang Penyakit Misterius, Tulang Harmony Bolong-bolong

Firdaus Anwar - detikHealth
Foto: ABC Australia
Grafton - Bocah perempuan bernama Harmony Fielden (5) dari Grafton, Australia, mengidap apa yang disebut dokter sebagai penyakit tulang misterius. Harmony telah menjalani program penelitian selama 12 bulan di Westmead Children's Hospital tapi hingga sekarang dokter belum bisa mengidentifikasi penyakit.

Satu hal yang jelas Harmony memiliki beragam kondisi masalah tulang. Hasil pindaian sinar X melihat misalnya saja ada celah pada tempat yang seharusnya terisi sendi pinggul, beberapa bagian tulang lebih pendek dari yang lain, skoliosis di tulang punggung, dan ada tulang yang bolong-bolong.

"Tim dokter benar-benar mencoba mencari tahu apa yang salah dengan Harmony dan mereka tahu pokoknya ada di struktur tulang," ujar sang ibu, Samantha Fielden, seperti dikutip dari ABC Australia, Jumat (15/4/2016).

"Suatu waktu mereka menelepon saya 'Sam, kami tidak tahu apa yang diidapnya dan kami sudah menjalankan berbagai macam tes. Dia mungkin satu-satunya anak di dunia dengan penyakit ini atau ini adalah sesuatu yang tak sengaja diciptakan sendiri," kenang Samantha.

Baca juga: Mengenal Skoliosis, Kelainan Tulang Belakang yang Banyak Menyerang Remaja

Penyakit yang diidap Harmony membuat tubuhnya lebih kecil dari teman sebaya. Selain itu rasa sakit juga sering menyerang karena gerakkan sedikit saja dapat membebani tulangnya yang sudah bermasalah.

Hingga saat ini studi masih berlanjut sambil bersamaan dengan usaha dokter untuk membantu keadaan agar lebih baik. Seperti pada tahun 2014 lalu di mana operasi dilakukan untuk memberikan persendian pada pinggul Harmony yang sebelumnya absen.

"Sekarang ketika orang bertanya saya menjawab kalau Harmony sudah bisa berjalan, merangkak, berbicara, dan saya bersyukur bisa memilikinya. Jika kami bisa menemukan diagnosa penyakitnya syukur, kalau tidak ya tidak akan mengubah banyak," pungkas Samantha.

Baca juga: Bocah 2 Tahun Ini Lahir dengan Tengkorak Bolong-bolong Seperti Keju (fds/vit)