Jumat, 13 Mei 2016 13:02 WIB

True Story

Wanita yang Buta Puluhan Tahun Ini Bisa Melihat Lagi Setelah Jatuh

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Foto: WPBF
Florida - Mary Ann Franco terlibat dalam kecelakaan mobil hebat di tahun 1995. Karenanya, ia mengalami beberapa jenis cedera sekaligus.

Namun yang paling tragis, hanya dalam beberapa hari setelah kecelakaan, penglihatannya mulai kabur dan menghilang begitu saja, meninggalkan Mary Ann dalam kegelapan selama bertahun-tahun.

Hingga beberapa waktu lalu, wanita berusia 70 tahun ini terjatuh di rumahnya di Florida Selatan, yang mengakibatkan cedera pada lehernya.

Sang nenek pun dilarikan ke rumah sakit untuk menjalani operasi perbaikan tulang belakang pada April lalu. Tak disangka, ketika terbangun dari operasi, Mary Ann mengucapkan sebuah kalimat yang mengejutkan.

Baca juga: Wanita dengan 10 Kepribadian, Beberapa di Antaranya Buta

"Saya terbangun dan bicara kepada seorang perawat. 'Hai tolong yang berbaju ungu, beri saya obat pereda nyeri'," kenang Mary Ann.

Rupanya hal itu didengar oleh kemenakan Mary Ann yang hari itu menungguinya. Sang kemenakan terkejut dan bertanya kepadanya, "Apa yang kamu katakan, Bibi?"

Saat itulah keduanya menyadari jika penglihatan Mary Ann telah kembali. "Saya bisa melihat pepohonan, sinar matahari yang masuk dari jendela kamar. Oh Tuhan, semuanya begitu indah," katanya kepada WPBF dan dikutip Jumat (13/5/2016)

Tak hanya itu, Mary Ann yang dulunya buta warna sebelum kecelakaan, kini juga bisa melihat beragam warna. Namun menariknya, dokter bedah saraf yang menangani Mary Ann juga terkejut dengan temuan ini. Ia bahkan mengaku itu benar-benar 'mukjizat'.

Dr John Afshar berusaha mencari tahu penyebab kembalinya penglihatan Mary Ann (Foto: WPBF)

Sang dokter, Dr John Afshar menduga ketika Mary Ann kehilangan penglihatannya dalam sebuah kecelakaan mobil dua dekade lalu, salah satu pembuluh darah di tulang belakangnya 'tertekuk' sehingga aliran darah ke bagian otak yang berperan dalam fungsi penglihatan menjadi terhambat.

"Kemungkinan saat operasi kemarin, pembuluh darah yang tertekuk itu longgar kembali tanpa disengaja," jelas Afshar.

Meskipun Afshar tak begitu yakin dengan penjelasannya, tetapi ini tak lagi jadi persoalan bagi Mary Ann. Yang terpenting bagi Mary Ann saat ini adalah ia akhirnya bisa melihat ketujuh cucu dan dua buyutnya setelah selama puluhan tahun hanya bisa memeluk dan mencium mereka saja.

Baca juga: Orang Indonesia Tak Mau Donor Mata Karena Tabu (lll/vit)