Minggu, 15 Jan 2017 11:11 WIB

True Story

Kisah Brian, Berhasil 'Bebas' dari Kecanduan Alkohol Berkat Melukis

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: Brian Menish/CNN
Virginia - Sejak remaja, Brian Menish (27) hobi mengonsumsi alkohol. Setiap menghadiri pesta, Brian selalu menenggak banyak minuman hingga mabuk. Terlebih, alkohol memang dijadikan Brian sebagai pelarian karena depresi akibat perceraian orang tuanya.

Melihat kondisi Brian, orang tuanya mengikutsertakan dia dalam program untuk remaja yang memiliki masalah emosi dan kecanduan di Utah. Di situlah, Brian menemukan talentanya melukis. Selama 9 bulan, Brian merasakan ketenangan dan ia bisa lepas sementara dari kebiasaan minumnya.

Sayang, selesai menjalani program itu, Brian kembali pada kebiasaan buruknya. Hingga suatu hari, dia mengalami kecelakaan saat hendak ke ATM untuk mengambil uang guna membeli minuman keras.

"Saya tidak yakin kala itu saya bisa bertahan hidup. Saya mengalami cedera otak, tengkorak saya retak dan bagian dari otak yang cedera parah sudah diangkat. Setelah sebulan terapi, saya belajar berjalan dan bicara. Tapi problem besarnya, saya tidak bisa menggunakan tangan kanan saya," tutur Brian, dikutip dari CNN.

Ya, selama ini Brian melukis dengan tangan kanannya dan ia mampu membuat gambar dengan detail sempurna. Untuk itu, Brian tak bisa membayangkan apa yang bakal terjadi jika ia tak bisa memakai tangan kanannya lagi untuk melukis. Suatu hari, Brian curhat ke sang ibu dan saat itulah ia menemukan titik balik.

Baca juga: Kualitas Tidur Remaja Pengaruhi Risiko Kecanduan Alkohol dan Narkoba

"Saya bertanya pada ibu apa yang akan saya lakukan? Hingga ibu berkata sudahkah saya mencoba melukis dengan tangan kiri. Saya pun mencobanya meski gambar saya awalnya tak terlalu bagus. Setelah 6 bulan, saya mengikuti sekolah seni. Saya senang bisa menggambar dan ternyata dengan tangan kiri, saya bisa membuat lukisan dengan lebih detail," kata Brian.

Selama empat tahun, Brian mengikuti beberapa program untuk mengatasi kecanduannya dan akhirnya ia bisa benar-benar lepas dari kecanduan alkoholnya. Dengan sungguh-sungguh, Brian mencurahkan usahanya untuk sekolah dan seni.

Brian MenishFoto: Brian Menish/CNN

Brian mengatakan melukis bisa meredakan stres yang ia alami. Ketika seseorang berkata padanya bahwa melukis bisa jadi cara dia mendapatkan harga diri, Brian makin bersemangat dibuatnya. Sampai saat ini, Brian masih terus melukis.

Menurutnya, melukis di kanvas bisa jadi caranya berkomunikasi. Apalagi, memang Brian masih agak kesulitan bicara. Sampai sekarang, sudah ada dua lukisan Brian yang diterima oleh galeri setempat. Tak hanya itu, meski ia berjalan pincang, pada bulan Desember lalu Brian juga sukses mengikuti triathlon lho.

"Seseorang yang bisa membuatmu putus asa adalah dirimu sendiri. Dan kita tidak akan menyerah dengan diri kita sendiri," kata Brian memotivasi orang lain yang memiliki kondisi serupa dengannya.

Baca juga: Olahraga Sambil 'Melukis' dengan GPS, Begini Jadinya (rdn/vit)