Minggu, 14 Mei 2017 09:23 WIB

Cerita Sedih Remaja yang Dipanggil Hantu karena Tumor di Wajah

Nurvita Indarini - detikHealth
Ilustrasi (Foto: thinkstock) Ilustrasi (Foto: thinkstock)
Nawada - Hantu. Demikian nama sebutan ini disematkan orang-orang pada seorang remaja laki-laki berusia 16 tahun. Ini karena tumor besar yang menggelayuti wajahnya.

Ya, tumor tersebut membuat penampilan remaja itu sangat berbeda dari orang-orang kebanyakan. Minimnya pengetahuan membuat orang-orang kerap menempelkan stigma pada remaja bernama Mithun Chauhan tersebut. Demikian dikutip dari zeenews.india.com

Tumor besar membuat wajahnya seperti memiliki gelembung-gelembung. Bahkan hidungnya nyaris tidak tampak seperti hidung. Gelembung-gelembung tumor itu rata menyebar di wajah, telinga, hingga ke sekujur badannya.

Remaja yang berasal dari Nawada, India, itu tentu tidak berharap memiliki kondisi semacam itu. Dirinya sedih bukan kepalang lantaran banyak teman-teman di sekolahnya yang takut berdekatan dengan dirinya. Bahkan tidak ada yang mau bermain dengannya. Karena itu pula akhirnya Mithun lebih banyak menghabiskan waktu di rumah.

"Karena penampilan saya, teman-teman semasa saya kecil meninggalkan saya. Sekarang tidak ada yang mau bermain dengan saya," ujar Mithun, dikutip dari express.co.uk

"Karena penampilan ini, saya jadi tidak bisa pergi ke sekolah ataupun berjalan-jalan di lingkungan sekitar," imbuhnya.

"Perempuan dan anak-anak yang melihat wajah saya akan berteriak dan lari ketakutan sambil berkata 'hantu.. hantu," tambah Mithun yang merasa sangat kesepian karena sering sendirian di rumah dan tidak ada yang mau berbicara dengannya.

Cerita Sedih Remaja yang Dipanggil Hantu karena Tumor di WajahFoto: ketto.org


Menurut keterangan keluarganya, kondisi yang dialami Mithun adalah karena kesalahan pengobatan saat Mithun berusia 5 tahun. Kala itu, menurut keluarganya, Mithun salah diberi obat yang dimaksudkan untuk mengobati tahi lalatnya yang sakit.

Baca juga: Neurofibromatosis, Penyebab Munculnya Benjolan di Seluruh Tubuh Urip

"Setelah minum obat itu, wajah anak saya mulai bengkak. Seluruh tubuhnya memerah seperti tembaga," kata sang ayah, Ramji Chauhan.

Setelah sempat meyakini penyakit itu adalah kutukan Dewa, Mithun kemudian dibawa ke dokter. Oleh dokter, Mithun didiagnosis mengalami neurofibroma. Ini merupakan kelainan genetika langka yang menyebabkan tumor tumbuh di sepanjang saraf.

Neurofibroma kebanyakan diturunkan, akan tetapi juga bisa muncul pada seseorang tanpa ada riwayat di dalam keluarganya. Pada kasus seperti ini, penyebabnya adalah mutasi genetik yang terjadi secara spontan pada sperma maupun sel telur. Protein pembawa gen yang bermutasi disebut neurofibromin.

Neurofibroma biasanya mengakibatkan gatal atau nyeri, namun demikian kondisi ini tidak menular.

Untuk pengobatan Mithun, dilakukanlah penggalangan dana di www.ketto.org/fundraiser/mithun yang digagas oleh agensi berita di India, Newslions. Dari dana yang telah terkumpul, dilakukanlah operasi pada Februari-Maret.

dr Ashwini Dash yang menangano Mithun mengatakan operasi yang dilakukan sangatlah kompleks, mengingat remaja tersebut memiliki tumor yang menyelimuti wajahnya. Bahkan hampir di sekujur tubuhnya ditemukan tumor.

Mulanya dokter mengoperasi tumor besar di hidung dan pipi Mithun. Dokter juga membuat hidung dan dagu. Menurut dokter, operasi berlangsung sukses. Beberapa waktu kemudian, Mithun dikabarkan sudah kembali ke desanya dengan penampilan baru.

Baca juga: Tubuh Dipenuhi Tumor, Ini 5 'Manusia Gelembung' di Indonesia

(vit/up)
News Feed