Selasa, 13 Jun 2017 08:08 WIB

Lahir Tanpa Hidung, Bocah Berjuluk 'Miracle Baby' Ini Akhirnya Meninggal

Aisyah Kamalia - detikHealth
Terlahir tanpa hidung, bayi Eli mampu bertahan hidup sampai dua tahun lebih. (Foto: Sharon Steinmann/AL.com) Terlahir tanpa hidung, bayi Eli mampu bertahan hidup sampai dua tahun lebih. (Foto: Sharon Steinmann/AL.com)
Jakarta - Tahun 2015, seorang bayi dari Alabama, Eli Thompson, lahir ke dunia dengan kondisi langka yang disebut arhinia. Kondisi ini membuat Eli harus hidup tanpa hidung, rongga hidung dan rongga sinus. Hanya ada sekitar 40 orang yang terlahir dengan kondisi yang sama berdasarkan studi dari American Journal of Case Reports.

Ibu dari Eli, Brandi McGlathery seperti yang ditulis CNN, Senin (12/6/2017) menyebutkan bahwa ia menyadari ada yang berbeda dari anaknya tak lama setelah ia dilahirkan.

"Aku terpaku selama beberapa detik, dan aku berkata 'ada yang salah dengannya' dan dokter mengatakan, 'dia baik-baik saja,' lalu aku menjawab, 'tidak, dia tidak punya hidung'," ungkapnya.

Lima hari setelah kelahirannya, Eli menjalani trakeotomi atau bedah trakea untuk membantunya bernapas dan makan. Kelahirannya mendapat liputan berita dari berbagai media, dan dia dikenal oleh banyak orang sebagai 'bayi ajaib' karena dia selamat.

Baca Juga: Potret Eli, Bayi Laki-laki yang Terlahir Tanpa Hidung karena Kondisi Langka

Namun, kabar duka datang tiga bulan setelah ulang tahunnya yang kedua. Eli pergi meninggalkan dunia seperti yang dikabarkan oleh sang ayah, Jeremy Finch pada 3 Juni lalu lewat akun Facebooknya, dilansir Fox News.

"Kita kehilangan sahabat kecil kita kemarin malam, dan aku tidak pernah tahu mengapa ini terjadi. Ini akan menjadi sebuah luka yang mendalam. Namun aku sangat diberkahi memiliki anak laki-laki yang sangat indah sepertinya dalam hidupku," kata Finch.

Semasa hidupnya, Finch mengatakan bahwa Eli sudah dapat berkomunikasi menggunakan bahasa isyarat bayi dan telah memulai terapi wicara di rumah. Eli pun mendapatkan sejumlah dukungan dari para pendukungnya melalui halaman Facebook 'Eli's Story'. Laman tersebut sempat diperbarui secara berkala mengenai perkembangan Eli dan sekarang sudah tidak dikelola lagi.

Baca juga: Curhat Wanita dengan Scleroderma, Hidup dengan Tubuh Kaku Seperti Batu (up/up)