Kamis, 04 Jan 2018 15:35 WIB

Demi Bertahan Hidup, Wanita Ini Harus Bawa Jantungnya di Ransel

Firdaus Anwar - detikHealth
Selwa harus membawa jantung buatannya setiap saat. (Foto: Facebook) Selwa harus membawa jantung buatannya setiap saat. (Foto: Facebook)
Jakarta - Pada Juli 2017 lalu Selwa Hussain (39) dari East London, Inggris, dilaporkan mengalami kegagalan jantung. Saat itu Selwa dilarikan ke rumah sakit dan harus segera mendapatkan jantung baru namun masalahnya ia terlalu lemah untuk menjalani transplantasi.

Karena alasan tersebut sang suami akhirnya setuju Selwa mendapatkan operasi jantung buatan. Selama enam jam operasi dokter memasang implan jantung, pompa, motor listrik, dan baterai yang ditempatkan di ransel.

Baca juga: Peneliti Berhasil Kembangkan Jantung Buatan dari Silikon

Cara kerjanya adalah motor listrik akan memompa udara menuju lewat selang yang kemudian mengisi ruang plastik di dada Selwa. Karena desakan udara ruang plastik itu akan berdegup menjadi seperti jantung memompa darah ke seluruh tubuh.

"Sebelumnya saya sangat sakit dan butuh beberapa waktu setelah operasi sampai saya bisa kembali pulang," kata Selwa seperti dikutip dari The Sun, Kamis (4/1/2018).

"Dokter di Harefield sangat luar biasa. Mereka datang dengan solusi yang membuat saya bisa tetap hidup menghabiskan tahun baru bersama keluarga. Untuk itu saya sangat berterima kasih," lanjutnya.

Selwa diketahui merupakan pasien kedua di Inggris yang pernah menjalani operasi transplantasi jantung buatan serupa. Pasien sebelumnya adalah seorang pria berusia sekitar 50 tahun pada 2011 lalu.

Baca juga: Momen Haru Ayah Bersepeda Ribuan Kilometer untuk Dengar Detak Jantung Anaknya (fds/up)
News Feed