Selasa, 09 Jan 2018 14:40 WIB

Kena Bola Tenis di Dada, Jantung Pria Ini Berhenti Mendadak

Firdaus Anwar - detikHealth
Tidak diketahui seberapa kencang bola tenis mengenai dada sang pria. (Foto: Thinkstock) Tidak diketahui seberapa kencang bola tenis mengenai dada sang pria. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Seorang pria berusia 25 tahun dari Swedia dilaporkan mengalami kejadian langka di mana jantungnya berhenti mendadak setelah terkena bola tenis di dada. Beruntung ia bisa diselamatkan karena kebetulan ada dokter yang sedang bermain tenis di lapangan yang sama.

Dipublikasi dalam jurnal Medical Cases, sang pria yang sedang bermain tenis tersebut awalnya diketahui terjatuh namun masih bisa berdiri kembali saat bola mengenai dada. Ia bermain sekitar dua menit sebelum akhirnya kolaps dan kulitnya membiru.

Baca juga: Infografis: 7 Langkah Pertolongan Pertama CPR Pasien Serangan Jantung

Tiga dokter yang juga sedang bermain tenis menyaksikan hal tersebut dan mengenali gejala henti jantung mendadak. Mereka langsung memberikan resusitasi jantung paru dengan alat defibrillator.

Setelah dua kali dilakukan resusitasi jantung sang pria kembali berdetak memompa darah ke seluruh tubuh. Paramedis lalu dipanggil membawa sang pria ke Skane University Hospital untuk tindakan lebih lanjut.

"Melihat situasinya, jumlah orang yang selamat pada kasus seperti ini sangat sedikit. Terutama ini adalah olahraga rekreasi di mana ketersediaan alat medis darurat seperti defibrillator eksternal otomatis mungkin terbatas," tulis dokter dari Skane University Hospital dalam laporan di jurnal.

Di rumah sakit sang pria didiagnosa dengan kondisi bernama commotio cordis yang disebabkan oleh benturan benda tumpul. Hal ini terjadi ketika dinding dada tertekan sepersekian detik tepat saat sistem kardiovaskuler sedang rapuh sehingga bisa berujung pada henti jantung.

Tidak diketahui pasti berapa orang yang pernah mengalami hal ini karena cukup langka. Hanya ada jeda 10 sampai 30 milidetik dalam siklus detak jantung di mana hal ini bisa terjadi.

Baca juga: Napas Jadi Berat Gara-gara Tersedak Roti, Bagaimana Mengatasinya? (fds/up)
News Feed