Rabu, 10 Jan 2018 14:07 WIB

Disebut Berkat Genetik, Bocah India Punya Tinggi 198 Cm di Usia 8 Tahun

Firdaus Anwar - detikHealth
Kemungkinan tubuh Karan masih bisa terus bertambah tinggi. (Foto: Facebook/CGTN) Kemungkinan tubuh Karan masih bisa terus bertambah tinggi. (Foto: Facebook/CGTN)
Jakarta - Ketika lahir nama Karan Singh dari India sudah tercatat di Guinness Book of World Records sebagai bayi paling berat dan paling tinggi di dunia. Saat itu dirinya memiliki berat 7 kilogram (kg) dan panjang 63 sentimeter (cm).

Delapan tahun berlalu tubuh Karan sudah seperti raksasa dengan tinggi sekitar 198 cm. Ia dua kali lebih tinggi dari teman-teman sebayanya dan mengaku ingin jadi lebih tinggi lagi agar bisa masuk ke buku rekor sebagai anak tertinggi di dunia.

Baca juga: Potret Mereka yang Tidak Bisa Berhenti Tumbuh Karena Gigantisme

"Saya suka jadi orang tinggi, ibu saya juga tinggi. Saya ingin jadi lebih tinggi dari ibu dan membuat orang tua saya bangga," kata Karan seperti dikutip dari Barcroft, Rabu (10/1/2018).

Ayah Karan, Sanjay Singh, diketahui memiliki tinggi badan 200,66 cm. Sementara ibunya yang juga tercatat sebagai perempuan tertinggi di India, Shweatlana Singh, memiliki tinggi badan 220,98 cm.

Oleh karena itu mengapa Karan bisa begitu tinggi disebut-sebut berkat faktor genetik dari orang tua. Sanjay mengatakan bahwa Karan selalu mendapat cek kesehatan rutin memastikan pertumbuhannya yang luar biasa tidak berdampak buruk untuk kesehatan.

"Kami selalu membawa Karan ke spesialis endokrin secara rutin. Untuk Shweatlana dan Karan tinggi mereka mungkin berkat hormon pertumbuhan yang berlebih," kata Sanjay.

"Sampai sekarang tes menunjukkan tidak ada masalah dan semua normal saja. Karan punya stamina yang baik tanpa ada masalah organ dalam," pungkas sang ayah.

Baca juga: Wanita Terjangkung Punya Anak Balita Setinggi 1,3 Meter (fds/up)
News Feed