Jumat, 26 Jan 2018 18:34 WIB

True Story

Berkat Keliling Disney World, Pria ini Berhasil Temukan Donor Ginjal

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Pria ini berhutang nyawa pada T-shirt miliknya. Berbekal T-shirt itu, ia berhasil menemukan donor ginjal yang dibutuhkannya. Foto: CNN
Jakarta - Robert Leibowitz dihadapkan pada kondisi yang sulit. Setelah 15 tahun berpenyakit ginjal, fungsi organnya itu kini tinggal 5 persen saja.

"Saya sudah berada dalam daftar tunggu transplantasi selama empat tahun di beberapa rumah sakit, tetapi persoalannya, daftar tunggunya sampai 7-10 tahun. Sebagian orang tak bisa menunggu selama itu," tuturnya.

Hal serupa dirasakan oleh Robert. Ia khawatir kehabisan waktu. Tiba-tiba saja Robert menemukan gagasan yang luar biasa.

Robert memutuskan untuk mencetak tulisan "In Need of Kidney. O Positive" di T-shirt-nya dan di bawah tulisan tersebut, ia mencantumkan nomor kontaknya.

Setelah itu, pria berusia 60 tahun ini berjalan keliling Disney World sembari mengenakan T-shirt itu.

"Mungkin karena latar belakang saya adalah periklanan. Tetapi ketika Anda putus asa, Anda akan berbuat apapun," katanya kepada CNN.

Baca juga: Unik, Roger Cari Donor Ginjal Lewat Pesan yang Ia Tulis di Mobilnya

Tanpa sepengetahuan Robert, sepasang turis memotret tulisan di T-shirt Robert dan mengunggahnya ke Facebook mereka. Tak disangka, hanya dalam sehari, postingan itu dibagikan hingga 32.000 kali. Dan dalam sepekan, postingan ini dibagi hingga 90.000 kali.

Robert Leibowitz bersama donor ginjalnyaRobert Leibowitz bersama donor ginjalnya Foto: CNN

Ratusan orang mencoba menghubungi Robert untuk menawarkan bantuan. "Saya sempat optimis tetapi meski golongan darah Anda cocok, bukan berarti Anda bisa mendonorkan ginjal Anda. Ada banyak hal mendetail yang harus dilakukan," ungkapnya.

Pada akhirnya ada empat calon donor yang terbang ke New York untuk menjalani pemeriksaan, namun hanya satu yang dianggap cocok. Namanya Richie Sully.

Richie sendiri mengaku sedang mendonorkan darahnya di Palang Merah setempat ketika melihat postingan tentang Robert di Facebook. Ia langsung menghubungi Robert dan meninggalkan pesan suara.

Pria berusia 39 tahun itu sempat pesimis jika Robert akan membalas panggilannya sebab ketika ia mengecek Facebook, postingan tentang Robert sudah dibagi 80.000 kali.

"Yang saya tahu ia melakukan itu karena ia putus asa, dan saya tidak punya alasan untuk tidak menghubunginya. Saya pikir ini adalah sesuatu yang seharusnya kamu lakukan," ujarnya.

Setelah bertemu, kedua pria ini pun membagikan kisahnya dan berharap ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat agar semakin banyak orang yang mendonorkan organnya.

Semoga!

Baca juga: Cari Donor Ginjal untuk Putrinya, Ibu Ini Tulis Pesan di Mobil (lll/up)